Home | News | Bisnis | Pemerintah | Olahraga | Pariwisata | Hiburan | Ruang Kosong | Properti | Life Style

Luar Biasa, Ada PaDi di Puswil Soeman HS
Rubrik: pendidikan | Jumat, 13 Oktober 2017
Editor: Rudi | Reporter: Rima

Gedung Perpustakaan Wilayah (Puswil) Soeman HS, Gedung Puswil yang berdiri megah di jantung kota dengan arsitektur seperti buku, terletak di Jalan Jenderal Sudirman No.462 Kelurahan Jadirejo, Kecamatan Sukajadi, Kota Pekanbaru.

PEKANBARU - Gedung Perpustakaan Wilayah (Puswil) Soeman HS saat menjadi landmark Kota Pekanbaru sudah memiliki Perpustakaan Digital (PaDi).

Gedung Puswil yang berdiri megah di jantung kota dengan arsitektur seperti buku yang terbuka disangka pilar-pilar besar yang kokoh, menjadi daya tarik orang yang melihatnya.

Puswil ini terletak di Jalan Jenderal Sudirman No.462 Kelurahan Jadirejo, Kecamatan Sukajadi, Kota Pekanbaru, saat ini memiliki ribuan judul buku. Dan setiap hari dikunjungi ratusan mahasiswa dan pelajar.

"Senin sampai Jumat diperkirakan pengunjung 500-700 orang. Sabtu dan Minggu tingkat pengunjung bisa dua kali lipat dari hari biasa. Libur nasional kita tutup," kata Ahmad Zaini dan Iskandar, staff Bagian Informasi Puswil Soeman H.S, Jumat, 13 Oktober 2017.

Dari data pengunjung, umumnya pelajar dan mahasiswa. Sementara pengunjung umum hanya sedikit.

Adapun Jam operasional di Puswil Soeman H.S,
- Senin - Rabu buka pukul 08.00 - 16.00 WIB,
- Kamis buka pukul 08.30 - 16.30 WIB, Sabtu - Minggu buka pukul 08.00- 15.00 WIB. Sedangkan khusus Jumat jam istirahatnya lebih lama dari pukul 11.00-13.30 WIB.

Ratusan pengunjung akan mendapat 17 jenis layanan, seperti:
1. Pelayanan penitipan tas terletak dilantai dasar,
2. Pelayanan informasi terletak dilantai dasar,
3. Pelayanan anak-anak terletak dilantai dasar,
4. Pelayanan kids smart terletak dilantai dasar,
5. Pelayanan bilik melayu Tenas Effendi terletak dilantai dasar,
6. Pelayanan sirkulasi umum terletak dilantai 1,
7. Pelayanan serial terletak dilantai 1,
8. Pelayanan registrasi anggota terletak dilantai 1,
9. Pelayanan peminjaman/pengembalian terletak dilantai 1,
10.Pelayanan sirkulasi umum terletak dilantai 2,
11.Pelayanan koleksi pribadi/instansi terletak dilantai 2,
12.Pelayanan bilik melayu terletak dilantai 3,
13.Pelayanan referensi terletak dilantai 3,
14.Pelayanan E-Kios K terletak dilantai 1,2,3,4,
15.Pelayanan perpustakaan keliling, pelayanan OPAC/Online Public Access Catalogue terletak dilantai 1 dan 2, 16.Pelayanan E-Linrary Chevron Corner terletak dilantai 4,
17.Pelayanan terbaru, yakni Pustaka Digital (PaDi).

Ahmad Zaini , mengungkapkan, pelayanan PaDi ini hasil kerjasama Pemprov dengan Telkom. Pustaka Digital ini sudah launchig 2 bulan lalu.

"Semoga bermanfaat bagi pengunjung Puswil, baik dari Pekanbaru dan kabupaten dan kota. Termasuk luar Provinsi Riau," ujarnya Ahmad Zaini.

Menurut Ahmad Zaini lagi, PaDi merupakan implementasi dari pencanangan 1000 Digital Learning Corner. Direalisasikan dalam bentuk kumpulan Pustaka Digital (eBook) gratis terdapat pada perangkat (dekstop atau gadget) PaDi di lokasi Plasa Telkom, WiFi Corner Telkom, dan Grapari Telkomsel tertentu.

"Kehadiran PaDi diharapkan dapat membantu membangun kembali minat baca masyarakat dan membantu mencerdaskan masyarakat dengan tersedianya macam-macam jenis buku di program PaDi ini," pungkas Ahmad Zaini. (rima)

Artikel Pilihan
GALERI FOTO