Hot Topic
IniRiau / Hukum
Polresta Kerahkan 1.345 Personel Amankan Malam Tahun baru
Minggu, 31 Desember 2017
red | Humas
Polresta menurunkan sekitar 1.345 personel untuk pengamanan perayaan malam pergantian tahun baru 2018 di Kota Pekanbaru sebagai pimpinan apel Kapolresta Kombes Pol Susanto, SIK, SH, MH, di halaman Apel Kantor Gubernur Riau, Minggu, (31/12/2017), seki

PEKANBARU - Personel Polresta Pekanbaru yang ditugaskan untuk pengamanan malam tahun baru diapelkan dihalaman kantor Gubernur Riau dan diberikan arahan (AAP) sebelum melaksanakan tugas.

Polresta menurunkan sekitar 1.345 personel untuk pengamanan perayaan malam pergantian tahun baru 2018 di Kota Pekanbaru sebagai pimpinan apel Kapolresta Kombes Pol Susanto, SIK, SH, MH.

"Semua anggota terlibat dalam Ops Lilin Siak 2017 ini. Totalnya 1.345 personel disiagakan untuk mengamankan tahun baru ini, turut hadir Dandim 0301/Pekanbaru, Kadishub, Kasatpol PP, Pom TNI dan Pom AU, Brimob dan seluruh anggota terlibat Ops Lilin Siak 2017" ucap Kapolresta  Kombes Pol Susanto, SIK, SH, MH di halaman Apel Kantor Gubernur Riau, Minggu, (31/12/2017), sekira pukul 09.00 wib

Kapolresta Kombes Pol Susanto, SIK, SH, MH mengatakan 1.345 personel dan jajaran diturunkan, bekerjasama dengan instansi terkait, seperti TNI Pom TNI, LANUD, Satpol PP dan Dishub Kota Pekanbaru membantu dalam pengamanan malam tahun baru 2018.

Menurut Kapolresta rencana pengamanan ini telah dilakukan sejak jauh-jauh hari sebelumnya dan mengingat Kota Pekanbaru merupakan Ibu Kota Provinsi Riau yang menjadi salah satu kota tujuan wisata dan tempat berkumpulnya warga masyarakat dari luar kota yang ingin merayakan malam tahun barunya di Kota Pekanbaru dan berikan rasa aman dan pelayanan kepada masyarakat.

"Pengamanan selain pada titik-titik pusat keramaian, juga untuk mengatur lalu lintas," kata Kapolresta.

Untuk beberapa titik yang menjadi pusat konsentrasi masyarakat akan dijaga aparat kepolisian seperti tempat ibadah, Purna MTQ, Stadion Utama Panam, Stadion KH. Nasution Rumbai, Jalan Gajah Mada, Jalan Diponegoro, Tugu Pon, pusat berbelanjaan ( Mall), tempat-tempat hiburan dan keramaian masyarakat.

"Selain mengamankan kegiatan pergantian tahun, pihak Polresta Pekanbaru juga mewaspadai adanya aksi tindakan kejahatan dan terorisme, "Prediksi ancaman sudah disampaikan, perkiraan tindak kriminalitas, aksi terorisme. Di samping untuk mengamankan lalu lintas juga mengantisipasi keamanan Kota Pekanbaru," kata Kapolresta.

Dalam melaksanakan tugas malam tahun tahun, perlu ditempatkan posisi jaga diri dalam tugas, keselamatan keamanan diri, lengkapi dengan perlengkapan diri seperti rompi, senter, tongkat,

Dilanjutkannya, jangan kita lengah pengamanan malam tahun baru dan besok masih ada tugas pengamanan tanggal 1 Januari 2018, antisipasi kegiatan masyarakat, kebaktian serta keramain masyarakat, berakhirnya waktu PAM nanti akan ditentukan setelah proses PAM malam tahun baru, persiapkan jas hujan dan kendaraan untuk pergeseran petugas jika cuaca hujan.

Pelaksanaan apel serpas pengamanan malam tahun baru dilanjutkan dengan pemeriksaan pasukan dan pemeriksaan ranmor dinas oleh Kapolresta Kombes Pol Susanto, SIK, SH, MH yang didampingi Wakapolresta AKBP Edy Sumardi.P, SIK dan kadishub serta Kasatpol PP, sebagai kesiapan untuk melaksanakan tugas dimalam tahun baru.

Dihimbau, tidak perlu ada perayaan menyambut pergantian tahun yang berlebihan karena bisa mengarah pada tindakan pelanggaran hukum. Apalagi pesta miras, kebut-kebutan dijalanan, karena itu akan merugikan diri sendiri. (Humas)