Hot Topic
IniRiau / nasional
Hari Ini Mafirion Dilantik Menjadi Anggota DPR RI
Selasa, 20 Maret 2018
Yasir | rilis
Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo.(ft:suarakarya.id)

JAKARTA, - Jika tidak ada aral melintang, sesuai jadwal yang sudah diagendakan, hari ini Selasa (20/3), Mafirion dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) dilantik sebagai anggota DPR RI daerah pemilihan Riau menggantikan Lukman Edy yang mengundurkan diri karena keikutsertaannya maju di pemilihan Gubernur Riau.

Pelantikan Mafirion terasa istimewa karena berbarengan dengan pelantikan Utut Adianto sebagai wakil Ketua DPR RI yang baru dan 12 anggota DPR yang menjalani pergantian anggota antar waktu (PAW) pada rapat paripurna di gedung Nusantara II DPR Jakarta.

Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo mengatakan, pimpinan DPR akan mengadakan rapat pimpinan DPR yang akan dilanjutkan dengan rapat konsultasi pengganti Bamus guna membahas pelantikan wakil ketua DPR yang baru, dan pergantian anggota DPR antar waktu.

"Siang harinya, kita adakan rapat paripurna untuk melantik Wakil Ketua DPR yang baru dan PAW anggota," kata Bambang.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen DPR Damayanti juga membenarkan adanya pelantikan PAW sebanyak 12 orang. Katanya, ada sebanyak enam anggota DPR dari F-PKB yang akan dilantik.

Selain Mafirion yang menggantikan Lukman Edy dapil Riau II, enam legislator F-PKB lainnya adalah Nur Yasin menggantikan Hadi Zainal Abidin dapil Jatim IV, Faisol Riza menggantikan Abdul Malik Haramain dapil Jatim II, Anwar Rachman menggantikan Hj. Ida Fauziah dapil Jatim VIII, Lilis Santika menggantikan Maman Imanulhaq dapil Jabar IX dan Lukmanul Hakim menggantikan Hj. Anna Mu’awanah dapil Jatim IX serta Aryanto Munawar menggantikan Musa Zainudin dapil Lampung I.

Lima anggota DPR lainnya dua dari F-NasDem Jacky Uly menggantikan Viktor Bungtilu Laiskodat dapil NTT, Dja’far Shodiq menggantikan Slamet Junaidi. Tiga anggota lainnya Ei Nurul Khotimah (F-PKS) menggantikan Zulkieflimansyah dapil Banten II, Abdul Hakam Naja (F-PAN) menggantikan Andriyanto Johan Syah dapil Jateng X dan Sudiro Asno (F-Hanura) menggantikan Miriam S. Hariyani dapil Jabar VIII.

Pelantikan 12 anggota DPR itu berdasarkan surat Ketua DPR tertanggal 9 Maret yang ditujukan kepada Presiden RI dengan lampiran dari Komisi Pemilihan Umum Nomor: 232/PY.04.2-SD/06/KPU/III/2018 tanggal 2 Maret 2018 perihal PAW enam orang anggota DPR/MPR RI PKB. (rls)