Home | News | Bisnis | Pemerintah | Olahraga | Pariwisata | Hiburan | Ruang Kosong | Properti | Life Style

Serahkan LPKP, Pemkab Bengkalis Wujudkan Tata Kelola yang Baik
Rubrik: news | Sabtu, 31 Maret 2018
Editor: Redaksi | Reporter: Humas

eks foto: Sekda Bengkalis saat menyerahkan LKPD tahun 2017 kepada Kepala Subauditorat Riau II BPK Perwakilan Riau Johny Indra Kencana, Kamis (29/3/2018) malam. ( Humas Bengkalis)

PEKANBARU – Kamis, (29/3/18) malam kemarin, bertempat di salah satu ruang rapat Kantor Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) perwakilan Riau, Bupati Bengkalis diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkalis, Bustami HY menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Unaudited Kabupaten Bengkalis tahun anggaran 2017

Kegiatan yang diawali penandatanganan berita acara serah terima LKPD Kabupaten Bengkalis Unaudited Tahun Anggaran 2017, oleh Sekretaris Daerah, H Bustami HY bersama Kepala Sub Auditor Riau II BPK RI Perwakilan Riau, Johny Indra Kencana.

Pada kesempatan itu, Sekretaris Daerah Bengkalis didampingi oleh Asisten Perekonomian Sekretariat Daerah Bengkalis H Heri Indra Putra, Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Bengkalis H TS Ilyas, Kepala Bappeda Kabupaten Bengkalis Jondi Indra Bustian.

Kemudian Kepala Bapenda Kabupaten Bengkalis, H Imam Hakim, Kepala BPKAD Kabupaten Bengkalis, Aulia, Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Bengkalis Mariansyah Oemar.

Sementara dari BPK RI Perwakilan Riau selain Kepala Subauditorat Riau II Johny Indra Kencana, juga hadir Kepala Sub Bagian Humas dan Tata Usaha Kantor Perwakilan, Tulus Budhisatria Rikit, Pengendali Teknis, Dicky Agus Permana, Ketua Tim Pemeriksaan Daerah Bengkalis, Tasniwati dan anggotanya.

Pada kesempatan itu, Sekda Bengkalis saat membacakan sambutan Bupati Bengkalis mengatakan, diawal tahun 2018 ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis telah menyusun laporan keuangan Tahun Anggaran 2017 sebagai wujud pertanggungjawaban pengelolaan keuangan daerah.

“Hal ini sesuai amanat peraturan pemerintah nomor 8 tahun 2006 tentang pelaporan keuangan dan kinerja akuntansi pemerintah serta peraturan menteri dalam negeri nomor 13 tahun 2006 tentang pengelolaan keuangan daerah,” ungkapnya.

Kemudian imbuhnya, penyampaian laporan keuangan ini merupakan salah satu upaya Pemkab Bengkalis untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) dan mewujudkan pemerintahan yang bersih (clean government), yakni dengan memberikan informasi keuangan yang transparan kepada stakeholders.

“Selama empat tahun terakhir, Kabupaten Bengkalis memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK, dan untuk tahun 2017 ini bisa mempertahankannya,” harap Bustami.

Penyusunan laporan keuangan tahun 2017 merupakan penyusunan laporan keuangan berbasis akrual yang masih kurang sempurna. Oleh karena itu tanggapan, dukungan, saran dari pihak pemeriksa dalam hal penyempurnaan penyajian laporan keuangan ini, ujar Bustami

“Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan kinerja sekaligus melakukan penyempurnaan dalam menyajikan laporan keuangan secara tepat waktu dan akurat,” ujar Bustami dengan tegas.

Sementara itu Kepala Subauditorat Riau II  Johny Indra Kencana mengucapkan selamat kepada Kabupaten Bengkalis yang telah menerima WTP selama empat tahun berturut-turut, mudah-mudahan pada tahun 2017 ini Bengkalis kembali menerima WTP tersebut.

“Tingkatkan terus kualitas dalam menyusun laporan keuangan ini, bantu kami  dalam menjalankan tugas yang diamanahkan, seperti kelengkapan dokumen yang diperlukan,” ungkapnya. (humas)

Artikel Pilihan
GALERI FOTO