Hot Topic
IniRiau / pariwisata
Pemerintah akan satukan kartu-kartu bantuan sosial
Senin, 15 Agustus 2016
Redaksi | Rds
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa

- PANGKALPINANG - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan pemerintah akan menyatukan kartu-kartu bantuan sosial ke dalam satu kartu terpadu yang bisa digunakan untuk mengakses seluruh bantuan sosial dari pemerintah.

Kartu bantuan sosial itu adalah Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

"Kartu itu sekarang sedang diuji coba. Bantuan sosial dari pemerintah nanti akan diberikan tidak dalam bentuk tunai agar kemungkinan salah alamat dan penyalahgunaan bisa dihindari," kata Khofifah di Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung.

Khofifah mengatakan selama ini kartu-kartu bantuan sosial ada macam-macam. Selain KIS, KIP dan KKS, ada juga kartu untuk nelayan, pupuk petani, elpiji tiga kilogram dan subsidi listrik. Kartu-kartu tersebut akan disatukan menjadi satu, entah disebut kartu "combo" atau lainnya.

Kartu tersebut sudah diuji coba dan terhubung dengan empat bank badan usaha milik negara (BUMN). Kartu tersebut dapat digunakan pada "e-Warung" yang merupakan bagian dari Kredit Usaha Bersama (KUBe).

"Jadi di kartu-kartu itu sudah ada ruang-ruangnya. Saat digesek dengan EDC di e-Warung dari program KUBe, akan keluar kertas struk dia menerima bantuan Program Keluarga Harapan sekian, beras sejahtera sekian dan lain-lain," tuturnya.