Hot Topic
IniRiau / olahraga
April, Turnamen Sepakbola Rebut Piala Gubri Akan Digelar
Sabtu, 11 Februari 2017
Redaksi | riaupos.co
Kadispora Riau Doni Aprialdi

PEKANBARU - Turnamen sepakbola Piala Gubernur Riau kembali digelar tahun ini. Kalau sebelumnya Dispora Riau menggelar turnamen ini  pada akhir tahun, maka tahun ini sedikit  berbeda yakni digelar lebih cepat tepatnya 17-26 April 2017.

Kadispora Riau Doni Aprialdi menjelaskan surat undangan dan pemberitahuan buat kabupaten dan kota sudah dibuat dan akan disebarkan Senin (13/2/17) mendatang. ‘’Kami undang 12 kabupaten/kota yang ada di Riau. Berita di media cetak ini kami anggap pemberitahuan awal,’’ ujar Doni Aprialdi kemarin.

Turnamen ini memakai aturan batasan umur yakni hanya untuk pemain kelahiran 1996 atau maksimal berusia 21 tahun. ‘’Kami selaraskam dengan persiapan kabupaten/kota yang persiapan menghadapi Porprov Riau 2017,’’ ujar Doni Aprialdi didampingi Kabid PPOD Dispora Riau Taufik Hidayat didampingi PPTK Basrial.

Ya, Dispora Riau menargetkan dari turnamen ini akan muncul pemain - pemain berbakat Riau yang akan disiapkan untuk Pra PON 2020. ‘’Piala Gubri ini bisa dijadikan Kabupaten /kota sebagai ajang uji coba tim sepakbola Porprov mereka,’’ ujar Doni Aprialdi.

Piala Gubri ini rencananya digelar di tiga stadion di Pekanbaru yakni Stadion Utama Riau, Stadion Rumbai dan Stadion Unri Panam. Sebelumnya sempat muncul wacana digelar di luar Pekanbaru seperti Kuansing dan Riau Pesisir yakni Bengkalis atau Meranti. ‘’Tapi di RKA dibunyikan di Pekanbaru jadi tak bisa diubah,’’ jelas Doni Aprialdi.

Selain terhukum RKA, penyelenggaraan di luar Pekanbaru juga akan memakan biaya dan tak cukup dengan dana yang tersedia yakni hanya Rp2 miliar. ‘’Tahun lalu  diusulkan anggaran lebih untuk digelar di kabupaten/kota, tapi dicoret. Makanya digelar di Pekanbaru dengan dana yang disetujui ini,’’ ujar PPTK Piala Gubri Basrial.

Di Piala Gubri ini seluruh kabupaten/kota ditanggung akomodasi dan konsumsi tim mereka. ‘’Setelah surat kami layangan ke kabupaten/kota maka kami akan turun langsung ke daerah untuk mensosialisasikan aturan dan hal yang perlu terkait turnamen ini,’’ tambah Basrial.



sumber; riaupos.co