8 Rabiul Awwal 1442 H | Minggu, 25 Oktober 2020
Diikuti 40 Peserta, Nagari Kubang Gelar Festival dan Lomba Durian
budaya | Sabtu, 15 Februari 2020
Editor : Nuri | Reporter : Taufan
festival dan Lomba Durian durian, sabtu (15/2) di Kampung Teleng Kelurahan Pasar Remake Kecamatan Lembah Segar Kota Sawahlunto

Iniriau.com, Sawahlunto - Siapa yang tidak kenal dengan durian Kubang, dimana orang mencicipinya membuat ketagihan, kini warga Kubang menggelar festival dan Lomba Durian durian, sabtu  (15/2) di Kampung Teleng Kelurahan Pasar Remake Kecamatan Lembah Segar Kota Sawahlunto.

Nama durian Kubang yang berasal dari desa Kubang Kota Sawahlunto cukup terkenal, ini dikarenakan duriannya yang manis dan isinya yang tebal serta berbiji kecil.

Festifal lomba durian ini dibuka oleh Wakil Walikota Sawahlunto,Zohirin Sayuti yang disaksikan oleh Muspida dan Ketua KAN Nagari kubang.

Untuk Peserta Festifal dan lomba durian ini diikuti 40 peserta dengan mutu durian yang berbeda namun semua durian  berasal dari satu nagari Kubang.

Tujian Festifal dan Lomba Durian diadakan untuk memilih durian yang bermutu dan akan disertifikasi, untuk penjurian lomba durian ini dua orang dari Balai Penelitian Buah Kota Solok dan satu orang Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB) Sumatera Barat.

Bagi pemenang lomba untuk juara pertama akan menerima hadiah uang sebesar Rp 2.500.000 dan untuk pemenang juara dis dua 2.000.000 dan untu juara ketiga Rp 1.500.000 sedangkan untuk juara harapan Rp 500.000 dan Rp 250.000 untuk juara harapan ini berbentu bibit dan pupuk.

Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti dalam sambutannya mengatan untuk durian yang meraih juara diserifikasi, agar bibitnya tidak dikembang di Nagari Kubang akan tetapi di sebar luaskan keluar daerah sampai keprovinsi lain agar nama durian Kubang terkenal,dan untuk kedepan Nagari Kumbang akan menjadi daerah wisata durian. **



    Nasional   Otomotif   Life Style
  Bisnis   Advertorial   Ruang Kosong
  Daerah   Galeri   Pariwisata
  Internasional   Sport   Hiburan
  Hukum   Pendidikan   Griya Interior
  Politik   Budaya   Kisah Inspiratif
    Kota Pekanbaru   Kabupaten Kampar   Kabupaten Rokan Hulu
  Kabupaten Indragiri Hulu   Kabupaten Kuantan Singingi   Kabupaten Rokan Hilir
  Kabupaten Indragiri Hilir   Kabupaten Meranti   Kabupaten Bengkalis
  Kota Dumai   Kabupaten Siak   Kabupaten Pelalawan
      Pemkab Bengkalis   DPRD Kabupaten Bengkalis