Pemkab Rohul Belum akan Terapkan PSBB Dalam Waktu Dekat

Pemkab Rohul Belum akan Terapkan PSBB Dalam Waktu Dekat
Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Rohul Yusmar usai Video Conference dengan Gubernur Riau Syamsuar, Senin (13/4/2020).


Iniriau.com,PASIR PENGARAIAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu(Rohul) belum akan mengikuti langkah Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Hal itu ditegaskan Bupati Rokan Hulu melalui Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Rohul Yusmar usai Video Conference dengan Gubernur Riau Syamsuar, Senin (13/4/2020).

Dijelaskan Yusmar, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2020 Penerapan PSBB baru bisa diterapkan jika perkembangan wabah Covid-19 tidak terkendali.

Sementara berdasarkan data yang dihimpun Tim Gugus Tugas Covid-19 Rohul, jumlah warga baik Orang Dalam Pantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) masih kecil dan cenderung mengalami penurunan yang signifikan. Bahkan, satu Warga Rohul yang sebelumnya dinyatakan positif kondisinya menunjukkan perkembangan yang menggembirakan.

Yusmar menyebutkan, dari 2.663 Orang yang tercatat dalam ODP, 1.764 diantaranya sudah selesai dilakukan pemantauan dan dinyatakan sehat. Saat ini hanya tinggal 899 warga yang masih dipantau dan melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

"Berdasarkan data-data tersebut, Perkembangan Covid-19 di Rohul masih terkendali dan belum diperlukan langkah-langkah seperti PSBB," jelas Yusmar lagi.

Selain itu, sebelum kebijakan PSBB ditempuh Pemkab Rohul, lanjut Yusmar perlu dilakukan kajian yang matang dari berbagai aspek khususnya ketersediaan 9 bahan pokok dan keamanan wilayah.

"Dalam memutuskan PSBB, Pemkab Rohul harus melakukan perhitungan yang matang tidak hanya jumlah kasus penyakitnya, tapi juga ketersediaan jaminan sosial bagi masyarakat yang terdampak. Dan atas pertimbangan itu Pemkab Rohul berpandangan belum perlu melakukan PSBB dalam Waktu dekat," tegas Yusmar lagi.

Yusmar menilai upaya-upaya yang kini sudah dilakukan Pemkab Rohul sudah sangat efektif dalam mengendalikan penyebaran Covid-19. Keaktifan semua elemen mulai dari Pemkab Rohul, Forkompimda, Kecamatan, hingga ke tingkat desa, RT/RW hingga kampung sangat efektif untuk mencegah meluasnya wabah Covid-19 di Rohul.

Meski tidak menerapkan PSBB dalam waktu dekat, Yusmar menyatakan Pemkab Rohul siap mendukung upaya PSBB yang dilakukan Kota Pekanbaru.**

Berita Lainnya

Index