Telkom Tanggapi Netflix Sempat Bisa Diakses via Indihome

Telkom Tanggapi Netflix Sempat Bisa Diakses via Indihome
Ilustrasi

Iniriau.com, JAKARTA - Manajemen PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) menegaskan hingga saat ini layanan internet yang diberikannya masih belum memberikan akses untuk pengguna aplikasi penyedia jasa streaming film, Netflix.

Hal ini disampaikan setelah banyaknya warganet yang menyatakan telah bisa mengakses Netflix menggunakan layanan IndiHome, layanan triple play milik Telkom.

VP Corporate Communication Telkom Indonesia Arif Prabowo mengatakan pemblokiran Netflix masih diterapkan sehingga layanan Telkom belum memberikan akses kepada Netflix.

"Untuk saat ini officially masih belum dibuka [pemblokiran Netflix]. Hingga saat ini, layanan Netflix belum dapat diakses dari jaringan Telkom Group. Kami terus lakukan pengecekan untuk memastikan kebijakan ini," tegasnya, Minggu (21/6/2020).

Sebelumnya, Direktur Utama Telkom Indonesia Ririek Adriansyah juga menyebutkan hingga saat ini Telkom dan Netflix masih melakukan diskusi lebih lanjut mengenai kemungkinan dibukanya akses Netflix di layanan Grup Telkom melalui Indihome maupun Telkomsel, entitas anak perseroan.

"Kami masih diskusi dengan Netflix, insya allah bisa segera menutup gap yang ada. Poinnya lebih kepada pemenuhan compliance," kata Ririek dalam Press Conference virtual, Jumat (19/6/2020).

Salah satu pemenuhan compliance tadi, adalah konten-konten yang dihadirkan Netflix juga harus tetap menghadirkan konten buatan lokal.

"Sehingga pembukaan akses Netflix akan kita jalankan," lanjutnya.

Dalam kesempatan lainnya, Ririek menyebutkan bahwa pembicaraan yang intens telah dilakukan perusahaan bersama Netflix sehingga tak lama lagi pengguna layanan Telkom akan dapat mengakses layanan tersebut.

"Dalam beberapa waktu terakhir kita diskusi dengan Netflix dan sudah mulai mau berubah. Beberapa policy diubah, konten bagaimana ada parental control sehingga ini Netflix bisa kita meminimalkan risiko konten, bisa ditonton oleh pengguna dewasa dan anak. Itu sudah mulai mendekati. Ini getting closer semoga dengan sesuai target kita nanti ada saatnya akan segera kita buka," katanya.

DIa menjelaskan, Telkom telah memblokir akses Netflix dari layanan yang diberikannya sejak 2016 silam. Sebab, konten-konten yang ditayangkan dinilai tidak sesuai dengan sesuai dengan budaya Indonesia.

Namun demikian, perusahaan menyadari bahwa bekerja sama dengan perusahaan ini dapat mendongkrak penggunaan data di Telkom maupun Telkomsel.

Sebelumnya sempat heboh di sosial media karena beberapa netizen memposting soal akses ke Netflix lewat jalur internet Telkom Group, termasuk Indihome.**

Sumber: Detik

Berita Lainnya

Index