Kemenkes Minta Anji Tanggung Jawab Terkait Klaim Obat Covid-19 Hadi Pranoto

Kemenkes Minta Anji Tanggung Jawab Terkait Klaim Obat Covid-19 Hadi Pranoto
Musisi Anji dan Hadi Pranoto

Iniriau.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto meminta musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji untuk bertanggung jawab atas video klaim Hadi Pranoto sebagai penemu obat virus corona covid-19.

Yurianto mengatakan klaim obat covid-19 yang disampaikan Hadi Pranoto harus tegas dijelaskan secara ilmiah agar masyarakat tidak kebingungan di situasi pandemi, sebab Kemenkes belum mengetahui obat tersebut.

"Saya tidak berspekulasi, kita berprasangka baik saja. tetapi informasi sepihak dan sepotong akan berdampak pada kebingungan masyarakat," kata Yuri saat dihubungi, Senin (3/8/2020).

Anji, kata Yuri, juga harus bertanggung jawab karena sudah menyebarkan informasi Hadi Pranoto yang menjadi perdebatan di masyarakat.

"Peran dan tanggung jawab Anji sangat besar, karena dia membagikan informasi dan harus bertanggung jawab terhadap apa yg disebarkan. Masyarakat makin pintar dan jangan dibodoh bodohi," tegasnya.

Eks Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 itu menyebut pihaknya hingga saat ini belum bisa mengidentifikasi keabsahan gelar profesor dan gelar Kepala Tim Riset Formula Antibodi Covid-19 yang Hadi Pranoto klaim dalam video Anji.

"Saya kesulitan untuk mencari profil profesor itu, dimana institusi yang memberi gelarnya?, dimana dia bekerja?, dimana lab virusnya?, apa bidang keahliannya?, apa karya tulis keilmuannya?," ucap Yuri.

Menurut Yuri, Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet juga tidak pernah menggunakan obat yang diklaim Hadi Pranoto. Oleh sebab itu, Yuri meminta Anji dan Hadi untuk membuktikan dimana produk yang diklaim obat Covid-19 bisa didapatkan sekaligus bukti ilmiahnya.

"Silahkan ditanyakan ke Anji dimana produk yang dia klaim obat covid bisa didapatkan dan apakah sudah dimintakan para ahli lain untuk mengkaji temuannya," pungkasnya.

Sebelumnya, dalam video yang diunggah akun Youtube Dunia MANJI, Jumat (31/7/2020), Hadi Pranoto yang mengaku sebagai pakar mikrobiologi, mengatakan telah berhasil menemukan obat virus Corona.

"Alhamdulillah sudah ribuan orang yang kita sembuhkan. Yang sudah terinfeksi maupun masih gejala, dan juga pencegahan, sudah kita berikan herbal Antibodi Covid-19 ini. Alhamdulillah semuanya sembuh dan sehat," katanya.

Anji mengatakan antibodi Covid-19 sudah terbukti ampuh, bahkan digunakan di Wisma Atlet Kemayoran.

"Nama Prof. Hadi Pranoto sulit sekali di cari di internet. Ada tapi sedikit sekali. Padahal sejak bulan Mei beliau sudah menemukan Antibodi Covid-19 ini," tulis Anji dalam keterangan video tersebut.

Viralnya video ini menimbulkan reaksi dari sejumlah pakar, terutama pakar ilmu kesehatan.

Reaksi pun muncul dalam berbagai sanggahan, mulai dari profil Hadi Pranoto yang dinilai misterius hingga klaim seputar antibodi dan tes Covid-19.**

Sumber: Suara

Berita Lainnya

Index