8 Rabiul Awwal 1442 H | Minggu, 25 Oktober 2020
Pemko Dukung Percepatan Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera
adv | Rabu, 26 Agustus 2020
Editor : Rvp | Reporter : desy

Iniriau.com, PEKANBARU - Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (Jambi-Rengat-Pekanbaru) kini sedang digesa. Proses percepatannya dibahas dalam rapat sinergi di Auditorium Lantai 8, Gedung Menara Lancang Kuning Kantor Gubernur Riau, Senin (24/8/2020).

Pj Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil menyebut bahwa pemerintah kota ikut dalam upaya percepatan pembangunan Tol Trans Sumatera.

Jamil menyebut bahwa ada sejumlah ruas jalan di Kota Pekanbaru masuk dalam bagian Tol Trans Sumatera. Ada empat kelurahan di Kecamatan Rumbai yang masuk ruas pembangunan jalan tol tersebut.

"Ruas tersebut untuk akses Pekanbaru- Rengat nantinya terhubung ke Jambi," ujar Jamil usai rapat.

Pemerintah kota mengusulkan agar ada interchange Pekanbaru-Rengat di Buluh Cina masuk ke Jalan Lingkar Kota Pekanbaru. Mereka mengusulkannya apabila ruas tol Pekanbaru-Rengat sudah beroperasi.

Pemerintah kota mengusulkannya ke pemerintah provinsi. Ia berharap usulan ini mendapat respon positif dalam percepatan pembangujan Jalan Tol Pekanbaru-Rengat-Jambi.

"Bila nanti terlaksana, nantinya kawasan Tenayan Raya bakal lebih berkembang," ulasnya.

Jamil menyebut keberadaan jalan tol ini juga mendukung Kawasan Industri Tenayan (KIT). Ia juga berharap proses pembangunan jalan tol tersebut bisa segera rampung.

Sementara itu Sektretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Yan Prana Jaya yang memimpin rapat tersebut mengatakan pihaknya mengharapkan percepatan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera cepat selesai.

"Kita kumpulkan Perangkat Daerah, Bupati, walikota, untuk mendukung kegiatan ini karena ini merupakan PSN yang sudah tunggu sejak lama, " ucapnya.

"Harapan kita nanti, semua orang ikut membantu termasuk masyarakat setempat. Kami juga akan memberikan sosialisasi dan mari bersama-sama kita mendukung kegitan pemerintah ini," pungkasnya.

Dalam acara tersebut, Pj Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru didampingi kepala Bappeda, kepala Dinas PUPR,  kepala dinas pertanahan dan kepala Dishub Kota Pekanbaru. (Adv)



    Nasional   Otomotif   Life Style
  Bisnis   Advertorial   Ruang Kosong
  Daerah   Galeri   Pariwisata
  Internasional   Sport   Hiburan
  Hukum   Pendidikan   Griya Interior
  Politik   Budaya   Kisah Inspiratif
    Kota Pekanbaru   Kabupaten Kampar   Kabupaten Rokan Hulu
  Kabupaten Indragiri Hulu   Kabupaten Kuantan Singingi   Kabupaten Rokan Hilir
  Kabupaten Indragiri Hilir   Kabupaten Meranti   Kabupaten Bengkalis
  Kota Dumai   Kabupaten Siak   Kabupaten Pelalawan
      Pemkab Bengkalis   DPRD Kabupaten Bengkalis