Data Covid-19 Sepekan: Angka Kematian Turun, Tapi Angka Kesembuhan Juga Turun

Data Covid-19 Sepekan: Angka Kematian Turun, Tapi Angka Kesembuhan Juga Turun
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito

Iniriau.com, JAKARTA - Satgas Penanganan Covid-19 menyebut perkembangan kasus Covid-19 di tingkat nasional dalam sepekan terakhir ini lebih baik dari pekan sebelumnya. Data hingga 4 Oktober, terjadi penurunan kasus positif sebesar 7,4 persen dibandingkan dengan pekan sebelumnya.

Selain itu, secara nasional, jumlah kematian pada pekan terakhir mengalami penurunan sekitar 7,7 persen dibandingkan dengan pekan sebelumnya.

"Di antara kabar baik yakni kasus positif dan angka kematian yang menurun di pekan ini, ternyata angka kesembuhan juga mengalami penurunan. Seharusnya angka kesembuhan harus selalu diupayakan untuk meningkat, dari waktu ke waktu setiap minggunya," ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito
dalam konferensi pers virtual yang ditayangkan di kanal Youtube Sekretariat Presiden, Selasa, 6 Oktober 2020.

Jumlah kesembuhan di pekan ini menurun 0,9 persen dari pekan sebelumnya. "Meskipun kurang dari 1 persen, ini sangat bermakna untuk masyarakat," ujar Wiku.

Jika dibandingkan dengan angka global, Indonesia saat ini menduduki peringkat 137 dari 216 negara, dengan jumlah kasus sebesar 1.120 per 1 juta penduduk.

Selanjutnya, Indonesia menduduki peringkat 102 dari 216 negara dengan jumlah kematian 41 per 1 juta penduduk. Untuk kasus pasien sembuh, Indonesia menduduki peringkat 19 dari 216 negara dengan total keseluruhan mencapai 232.593 orang.**

Sumber: Tempo

Berita Lainnya

Index