13 Rabiul Awwal 1442 H | Jumat, 30 Oktober 2020
Demo Tolak Omnibus Law Berlanjut, Rupiah Bangkit ke Rp14.695
bisnis | Selasa, 13 Oktober 2020
Editor : Rvp | Reporter : -

Iniriau.com, JAKARTA - Nilai tukar rupiah berada di posisi Rp14.695 per dolar AS pada perdagangan pasar spot Selasa (13/10) pagi. Mata uang Garuda menguat 0,03 persen dibandingkan perdagangan Senin (12/10) sore di level Rp14.700 per dolar AS.
Pagi ini mayoritas mata uang di kawasan Asia terpantau melemah terhadap dolar AS.

Dolar Singapura melemah 0,15 persen, dolar Taiwan melemah 0,18 persen, peso Filipina melemah 0,27 persen, rupee India melemah 0,19 persen, yuan China melemah 0,10 persen, ringgit Malaysia melemah 0,16 persen, dan bath Thailand melemah 0,18 persen.

Hanya won Korea Selatan yang terpantau menguat 0,24 persen, sedangkan yen Jepang masih stagnan.

Sementara itu, mata uang di negara maju terpantau bergerak variatif terhadap dolar AS. Poundsterling Inggris menguat 0,12 persen dan dolar Australia menguat 0,50 persen. Sebaliknya dolar Kanada melemah 0,18 persen dan franc Swiss melemah 0,05 persen 

Analis sekaligus Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra memprediksi rupiah mendapatkan market mover dari peristiwa dalam negeri hari ini, salah satunya demo penolakan terhadap UU Cipta Kerja.

"Pelaku pasar akan mewaspadai aksi demo yang terjadi hari ini. Demo yang terkendali bisa menopang rupiah dan sebaliknya," ujarnya kepada CNNIndonesia.com.

Sementara dari eksternal, ketidakpastian stimulus fiskal AS bisa memberikan tekanan ke nilai tukar emerging markets yang notabene aset berisiko terhadap dollar AS hari ini.

"Hari ini kemungkinan rupiah melemah dengan kedua sentimen di atas dengan potensi kisaran Rp14.650-14.800 per dolar AS," tandasnya.**

Sumber: CNN



    Nasional   Otomotif   Life Style
  Bisnis   Advertorial   Ruang Kosong
  Daerah   Galeri   Pariwisata
  Internasional   Sport   Hiburan
  Hukum   Pendidikan   Griya Interior
  Politik   Budaya   Kisah Inspiratif
    Kota Pekanbaru   Kabupaten Kampar   Kabupaten Rokan Hulu
  Kabupaten Indragiri Hulu   Kabupaten Kuantan Singingi   Kabupaten Rokan Hilir
  Kabupaten Indragiri Hilir   Kabupaten Meranti   Kabupaten Bengkalis
  Kota Dumai   Kabupaten Siak   Kabupaten Pelalawan
      Pemkab Bengkalis   DPRD Kabupaten Bengkalis