Pelantikan Pengurus IKA UNPAD 2020-2024, Kang Emil Ajak Alumni Bangun Jawa Barat

Pelantikan Pengurus IKA UNPAD 2020-2024, Kang Emil Ajak Alumni Bangun Jawa Barat
Alumni UNPAD Serahkan Endowment Fund pada UNPAD Sebesar Rp 200 Juta
Bandung, Iniriau.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyambut baik pelantikan pengurus Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran [IKA UNPAD] periode 2020-2024. Pelantikan dilaksanakan di Gedung Sate, Bandung, Sabtu [17/10] oleh Ketua IKA UNPAD periode 2020-2024, Irawati Hermawan terhadap perwakilan pengurus dan alumni.
 
Dalam sambutannya, Gubernur berharap kerjasama antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Ikatan Alumni UNPAD dapat langsung bersinergi secepatnya. Kang Emil mengajak IKA UNPAD untuk membangun Jawa Barat  sebagai provinsi yang terdepan, terbaik, dan juara lahir batin.
Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Hj. Rina Indriastuti, S.E., M.SIE. melalui Zoom Meeting menyampaikan ucapan selamat serta menyampaikan apresiasinya terhadap kepengurusan baru ini yang menjadikan semangat baru bagi UNPAD, karena mulai hari ini, engagement UNPAD dengan para alumni sampai dengan mahasiswa bisa ditancapkan tiangnya. 
 
Rektor juga berharap agar pengurus alumni dapat bersinergi dalam penanganan COVID-19, menancapkan reputasi dan rekognisi akademis di tingkat internasional demi “Ngapungkeun UNPAD” dan untuk memudahkan para alumni berkarier di tingkat nasional maupun internasional.
 
Sementara itu Ketua IKA UNPAD, Irawati Hermawan dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang telah memfasilitasi pelantikan pengurus IKA UNPAD periode 2020-2024. Teh Ira --panggilan Irawati Hermawan-- juga menyampaikan permohonan maaf bagi para alumni dan pengurus yang tidak dapat ikut hadir secara langsung di Gedung Sate, karena acara harus tetap mengedepankan dan menerapkan protokol kesehatan. Sebagai alternatif, para alumni dapat menyaksikan secara langsung melalui kanal YouTube IKA UNPAD.
 
Menurut Teh Ira, pelantikan pengurus IKA UNPAD periode 2020-2024 dilakukan di Gedung Sate merupakan penghormatan kepada Jawa Barat sebagai provinsi tempat UNPAD berdiri. “Gedung Sate adalah ikon Jawa Barat, yang patut disejajarkan dengan semangat yang diusung para pendiri UNPAD,” ujarnya.
 
Lebih lanjut Teh Ira mengatakan bahwa kepengurusan IKA UNPAD ini bersifat inklusif dengan memperhatikan keterlibatan perempuan dan rekan-rekan yang berkebutuhan khusus. Sehingga kepengurusan ini terbuka bagi para alumni.
 
“Dalam kepengurusan ini kami sangat terbuka bagi alumni yang ingin berkiprah. Dengan jumlah keanggotaan yang lebih dari 180.000 orang, kami berharap IKA UNPAD selain menjadi asset Jawa Barat yang juga dapat memberikan manfaat bagi kemajuan bangsa,” kata Teh Ira.
 
Dalam kepengurusan periode 2020-2024 ini, Teh Ira menyampaikan sejumlah program unggulan yang menjadi prioritas utama, di antaranya:
 
1. Jabar Feeds Indonesia Center [JAFIC]. Melalui program yang dimotori alumni di bidang agro-complex, IKA UNPAD akan berperan aktif dalam mewujudkan Jabar sebagai hub kebutuhan pangan Indonesia. 
 
2. Center for Macro-economic Statistics dan Public Policy Analysis Center. Sebagai salah satu institusi intelektual utama di Jawa Barat, IKA UNPAD diharapkan dapat berperan aktif dalam penyelesaian masalah bangsa, melalui sumbangan pemikiran. Untuk itu IKA UNPAD telah meluncurkan banyak gagasan inovatif yang bermunculan selama proses penyusunan kepengurusan IKA Unpad periode 2020-2024 ini. Salah satunya yang menjadi ciri khas adalah dengan dibentuknya Pusat Statistik Ekonomi Makro dan Pusat Analisis Kebijakan Publik. 
 
3. Wakaf Qur’an dan Halal Center. Sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia dan salah satu negara berpenghasilan terbesar di antara negara-negara Organisasi Konferensi Islam [OKI], maka IKA UNPAD ingin berperan dalam menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara pusat halal dan wakaf Qur’an terbesar di dunia. 
 
4.Endowment Fund Center. Setiap ikatan alumni terkemuka di dunia memiliki endowment fund untuk menunjang kiprah ikatan alumni dalam memajukan almamater, alumni, dan mahasiswa. IKA UNPAD akan mendirikan Endowment Center untuk memfasilitasi dan menjembatani para alumni yang ingin mulang tarima kepada civitas academica maupun membantu program-program untuk memajukan alumni dan mahasiswa. 
 
Dalam kesempatan itu Teh Ira menyerahkan Endowment Fund awal sebesar Rp. 200.000.000 [Dua Ratus Juta Rupiah] secara simbolik kepada Direktur Kemahasiswaan & Alumni Unpad Dr. Eng. H. Boy Yoseph CSSSA, S.T., M.T. **

Berita Lainnya

Index