9 Rabiul Akhir 1442 H | Rabu, 25 November 2020
Pers Riau Berduka, Wartawan Berdedikasi Itu Telah Pergi. Zulmansyah: Almarhum Orang Baik
pekanbaru | Minggu, 25 Oktober 2020
Editor : nakita | Reporter : nn
Alm. Muhammad Moralis

Pekanbaru, Iniriau.com - Pers Riau berduka. Dunia wartawan berkabung. Salah seorang wartawan terbaiknya, Muhammad Moralis, 46, telah pergi menghadap Illahi, Ahad (25/10), pukul 11.25 Wib. Rasa tak percaya mendengar kabar duka itu, karena selama ini almarhum selalu aktif dalam berbagai kegiatan yang diadakan PWI Riau, serta SMSI Riau dimana almarhum menjabat sebagai sekretaris.

Tetapi ketika grup-grup wathsapp silih berganti menyampaikan kabar kepergian laki-laki pendiam yang selalu bicara seperlunya itu, duka itu harus diterima. "Innalillahi wa inna ilaihi roji'un. Saya tak percaya, tapi Allah memilih beliau untuk pergi mendahului kita semua," ujar Ketua PWI Riau, Zulmansyah berkaca-kaca.

Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Riau Novrizon Burman juga menyampaikan duka mendalamnya,"SMSI kehilangan  pengurus dan anggota terbaik. Kami bersama-sama ingin membesarkan SMSI Riau. Rencana di akhir tahun ini beliau akan dikukuhkan sebagai sekretaris SMSI  bersama pengurus lain.Tapi apalah daya kita, rencana Allah adalah yang terbaik." Novrizon tidak dapat menyembunyikan rasa dukanya.

Muhammad Moralis adalah wartawan pertama di Riau yang meninggal akibat covid-19. Ia dilarikan ke RSUD Ariffin Ahmad lebih kurang seminggu lalu karena mengeluhkan gejala batuk dan sesak nafas, dan langsung dirawat di ICU. Sempat membaik kondisinya, namun pemimpin redaksi Harian Haluan Riau itu drop lagi hingga dipasang ventilator. Tetapi, Allah jua yang Maha Berkehendak. Ayah satu anak ini tak mampu melawan ganasnya virus corona, hingga ia menghembuskan nafas terakhir, Ahad siang.

*Dilepas Rekan Wartawan*

Jenazah almarhum Moralis langsung dimakamkan di tempat pemakaman khusus covid, di Rumbai, dengan prosesi covid-19. Mulai dari rekan sesama wartawan dan Ketua PWI Zulmansyah beserta pengurus, Kadis Kominfo Chairul Risky, Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho, Ketua KPU Riau Ilham Yassir sampai Direktur Utama RSUD dr.Nuzelly dan sejumlah tokoh pers ikut mensalatkan dan melepas almarhum ke peristirahatan terakhir.

Saat  memberi sambutan pada pelepasan jenazah, Ketua PWI Riau Zulmansyah tak kuasa menahan tangisnya. Dengan terbata-bata ia berucap, "Saya bersaksi beliau adalah orang baik. Karena saya selalu bersama almarhum di banyak organisasi." ujarnya.

Selain aktif di kepengurusan PWI dan SMSI Riau, almarhum Moralis juga aktif di sejumlah organisasi, seperti Himpunan Mahasiswa Islam Riau (HMI), ICMI Riau serta paguyuban Ikatan Keluarga Tanah Datar (IKTD) Pekanbaru. Almarhum pergi meninggalkan satu orang istri dan satu anak.

Selamat jalan sahabat, doa kami menyertai kepergianmu menghadap Sang Khalik, surga menumu, Insyaa Allah.**



    Nasional   Otomotif   Life Style
  Bisnis   Advertorial   Ruang Kosong
  Daerah   Galeri   Pariwisata
  Internasional   Sport   Hiburan
  Hukum   Pendidikan   Griya Interior
  Politik   Budaya   Kisah Inspiratif
    Kota Pekanbaru   Kabupaten Kampar   Kabupaten Rokan Hulu
  Kabupaten Indragiri Hulu   Kabupaten Kuantan Singingi   Kabupaten Rokan Hilir
  Kabupaten Indragiri Hilir   Kabupaten Meranti   Kabupaten Bengkalis
  Kota Dumai   Kabupaten Siak   Kabupaten Pelalawan
      Pemkab Bengkalis   DPRD Kabupaten Bengkalis