9 Rabiul Akhir 1442 H | Rabu, 25 November 2020
Satgas: Kasus Kematian di 26 Daerah di Atas 100
nasional | Jumat, 30 Oktober 2020
Editor : Rvp | Reporter : -
Ilustrasi

Iniriau.com, JAKARTA – Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyoroti 26 kabupaten kota yang memiliki angka kematian lebih dari 100. Ia pun meminta kepada pemerintah daerah tersebut agar meningkatkan layanan kesehatannya sehingga pasien Covid mendapatkan layanan sedini mungkin dan sesuai standar kesehatan.

“Kami meminta kepada pemerintah daerah yang wilayahnya masuk ke dalam daftar tersebut untuk betul-betul dapat memastikan pelayanan kesehatan diberikan kepada pasien yang positif Covid,” ujar Wiku saat konferensi pers.

Daerah-daerah yang masih memiliki angka kematian di atas 100 tersebut yakni Kota Surabaya, Kota Semarang, Jakarta Pusat, Sidoarjo, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Kota Makassar, Kota Medan, dan Jakarta Utara. Selanjutnya Gresik, Kota Balikpapan, Kota Depok, Kota Palembang, Kota Pekanbaru, Kota Malang, Kota Samarinda, Kota Banjarmasin, Banyuwangi, Demak, Pasuruan, Kota Manado, Kota Mataram, Kota Bekasi, Kota Padang, dan juga Kudus.

Wiku mengingatkan, jika daerah memiliki keterbatasan ruangan perawatan pasien Covid, maka dapat membuka rumah sakit darurat. Selain itu, pemerintah daerah juga diminta agar berkoordinasi dengan pemerintah pusat jika menemukan kendala penanganan.

Lebih lanjut, Wiku juga memaparkan sebanyak 63,2 persen atau 325 kabupaten kota tercatat memiliki kematian di bawah 10. Artinya, kata dia, lebih dari setengah wilayah di Indonesia memiliki angka kematian yang sedikit. Sedangkan sebanyak 31,7 persen atau 163 kabupaten kota dilaporkan memiliki kasus kematian 11-100.

“Namun, meskipun begitu, ingat satu kematian saja terbilang nyawa. Kita tidak boleh menganggap remeh kematian meskipun sedikit,” tambahnya.

Untuk menekan angka kasus, pemerintah meminta masyarakat terbuka dan membantu petugas kesehatan dalam melakukan pelacakan. Kerjasama antara masyarakat dan pemerintah sangat penting untuk menekan angka kematian.**

Sumber: Republika



    Nasional   Otomotif   Life Style
  Bisnis   Advertorial   Ruang Kosong
  Daerah   Galeri   Pariwisata
  Internasional   Sport   Hiburan
  Hukum   Pendidikan   Griya Interior
  Politik   Budaya   Kisah Inspiratif
    Kota Pekanbaru   Kabupaten Kampar   Kabupaten Rokan Hulu
  Kabupaten Indragiri Hulu   Kabupaten Kuantan Singingi   Kabupaten Rokan Hilir
  Kabupaten Indragiri Hilir   Kabupaten Meranti   Kabupaten Bengkalis
  Kota Dumai   Kabupaten Siak   Kabupaten Pelalawan
      Pemkab Bengkalis   DPRD Kabupaten Bengkalis