Komisi IV DPRD Riau Bahas KUA PPAS APBD Tahun 2021 Bersama Dinas ESDM dan Balitbang

Komisi IV DPRD Riau Bahas KUA PPAS APBD Tahun 2021 Bersama Dinas ESDM dan Balitbang

Iniriau.com, PEKANBARU - Komisi IV DPRD Riau menggelar Rapat Kerja dengan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Bappedalitbang Provinsi Riau terkait pembahasan rancangan KUA-PPAS tahun Anggaran 2021 Sabtu (14/11/2020).

Rapat ini dipimpin Ketua Komisi IV H. Parisman Ihwan didampingi Wakil Ketua Komisi IV Dani M Nursalam serta anggota Komisi IV lainnya yaitu Almainis, Yuyun Hidayat, Adam Syafaat, dan H. Nurzafri.

Rapat ini dihadiri langsung oleh Kepala Dinas ESDM Indra Agus Lukman beserta jajarannya dan Raja selaku Kepala Bappedalitbang.

Parisman menanyakan kepada Kadis ESDM mengenai kegiatan apa saja yang akan dilakukan Dinas ESDM melihat dana yang cukup besar dalam RKA. "Apa saja kegiatan yang menyentuh ke masyarakat dengan dana 3 Miliar ini?" tanya Parisman.

Indra Agus Lukman selaku Kadis ESDM menjawab pertanyaan dari Parisman, bahwa pembangunan terkait akses listrik ke masyarakat. "Yang akan kami lakukan adalah dengan membangun jaringan dan trafo dimasyarakat dan akan melakukan penyaluran listrik bagi dusun atau desa yang minim listrik." terangnya.

Selanjutnya anggota Komisi IV, Yuyun Hidayat memberi usul mengenai PLTS Rooftop pada gedung guru untuk disalurkan saja ke rumah sakit, seperti rumah sakit umum dan rumah sakit petala bumi. Karena jika dilihat, menurutnya gedung guru tersebut jarang sekali terpakai.

Menanggapi hal tersebut, Kadis ESDM menyatakan bahwa saat ini gedung guru lebih sering digunakan untuk kegiatan yang sifatnya seremonial. Namun saat ini, kita bantu agar listrik tidak mengganggu teman-teman di PGRI.

Adam Syafaat juga menambahkan usul untuk di daerah Rokan, "Listrik disana hanya melalui PLTA mini dengan biaya 10 ribu/bulan. Jadi tidak ada pemeliharaan dikarenakan biaya yg murah. Sementara uang pemeliharaan itu 150-200 ribu. Masyarakat disana mengatakan tiang sumber air ke turbin hanya menggunakan terpal dengan tiang penyangga memakai kayu. Sehingga, mereka ingin memiliki tiang permanen." tutupnya. (Adv)

Berita Lainnya

Index