Wapres: Sekolah Negeri Butuh 1 Juta Orang Guru Setiap Tahun

Wapres: Sekolah Negeri Butuh 1 Juta Orang Guru Setiap Tahun
Ilustrasi

Iniriau.com, JAKARTA - Wakil Presiden Maruf Amin mengatakan, jumlah kebutuhan guru setiap tahun masih sangat besar. Diperkirakan, kebutuhan tenaga pendidik di sekolah negeri ada satu juta guru setiap tahunnya.

“Pada saat ini diperkirakan kebutuhan tambahan tenaga pendidik di sekolah negeri adalah sekitar satu juta guru,” ujarnya dalam acara Pengumuman Seleksi Guru Honorer menjadi PPPK melalui virtual, Senin (23/11/2020).

Menurut Maruf, kehadiran tenaga pengajar sangat penting untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Oleh karena itu lanjut Maruf diperlukan tenaga pendidik yang memiliki kompetensi yang baik.

“Untuk itu diperlukan tenaga pendidik yang memiliki kompetensi yang tinggi dan yang tidak boleh dilupakan adalah jumlahnya harus memadai sesuai dengan sebaran satuan pendidikan di seluruh tanah air,” ucapnya.

Apalagi, hal ini juga menjadi fokus pemerintah ke depan untuk mendorong pembangunan SDM unggul. Sebab, SDM unggul merupakan kunci untuk memenangkan persaingan global. i berbagai kesempatan saya selalu menyampaikan bahwa SDM unggul adalah SDM yang sehat, cerdas, memiliki produktivitas tinggi, menghasilkan sesuatu yang manfaat dan maslahat, memiliki semangat untuk berkompetisi, cinta tanah air, beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia atau ber-akhlakul karimah.

SDM yang unggul adalah pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Secara lebih spesifik, SDM unggul yang ingin dihasilkan melalui proses belajar-mengajar di Tanah Air setidaknya memiliki kriteria Berketuhanan dan Berakhlak Mulia, Mandiri, Bernalar Kritis, Kreatif, Memiliki Jiwa Gotong Royong, dan Bercara Pandang Kebhinekaan Global.

“Meskipun tugas pengajaran merupakan tugas seluruh anggota masyarakat termasuk keluarga, tetapi para guru memiliki peran yang sangat penting untuk menghasilkan SDM unggul sebagaimana yang saya gambarkan diatas,” kata Maruf.**

Sumber: Okezone

Berita Lainnya

Index