Sembuh dari Corona, Ilham: Jangan Mau Bicara Dengan Orang Yang Tidak Pakai Masker

Sembuh dari Corona, Ilham: Jangan Mau Bicara Dengan Orang Yang Tidak Pakai Masker
Ilham yasir

Iniriau.com, PEKANBARU - Sembuh dari covid-19 setelah sempat dirawat 9 hari, Ilham Yasir (41), berbagi tips agar terhindar dari virus mematikan tersebut. Ia wanti-wanti agar masyarakat  disiplin memakai masker, khususnya saat berbicara dengan seseorang atau saat berada di tempat umum ditengah keramaian.

 

 "Saran saya usahakan tidak sering-sering makan diluar. Karena saat makan masker pasti dibuka, nah disitulah orang sering lupa, saat makan mereka selalu berbicara dengan orang yang ada didekat mereka,  ini sangat rentang terhadap penularan covid," ujar Ilham Yassir, Selasa (24/11).

Ilham mengatakan, gaya hidup adaptasi baru adalah kunci dari keberhasilan memutus mata rantai covid-19. Memakai masker dan membawa masker cadangan jika lama berada di luar, membawa handsanitizer dan membawa perlengkapan shalat dan peralatan makan sendiri.

Ia menyarankan agar masyarakat mulai melatih diri untuk berani menolak datang ke tempat-tempat yang tidak patuh dalam menjalankan protokol kesehatan. Bahkan harus berani menolak berbicara dengan orang yang tidak menggunakan atau melepas maskernya. Menurutnya, Ini sebuah tindakan untuk melindungi diri.

"Kita harus selalu beradaptasi dengan kebiasaan baru dimasa pandemi ini. Harus berani menolak hal-hal yang bisa membahayakan diri kita dan keluarga kita. Jangan mau bicara dengan orang yang tidak pakai masker', atau yang melepas masker. Jangan datang ke tempat yang mengabaikan protokol kesehatan," jelas Ilham, mantan wartawan ini.

Diakui Ilham, ada juga sebagian masyarakat yang masih abai dengan protokol kesehatan covid. Dan masyarakat sendiri yang harus menghukum mereka, dengan cara membatasi komunikasi atau malah memutusnya, sampai yang bersangkutan sadar dengan 3M. **

Berita Lainnya

Index