Piala Dunia U-20 di Indonesia Batal, Pemerintah Siapkan Realokasi Anggaran

Piala Dunia U-20 di Indonesia Batal, Pemerintah Siapkan Realokasi Anggaran

Iniriau.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, realokasi anggaran untuk persiapan infrastruktur venue pelaksanaan Piala U-20 akan segera disiapkan.

Pasalnya, Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) telah resmi mengumumkan ajang piala dunia pemuda itu ditunda dari semula tahun 2021 menjadi 2023. Rencananya, Indonesia akan menjadi tuan rumah dari ajang pertandingan tersebut.

"Realokasi anggaran tentu harus kita pertimbangkan," kata Muhadjir, dikutip dari siaran pers, Selasa (29/12/2020).

Muhadjir mengatakan, realokasi anggaran untuk itu akan disiapkan melalui penyempurnaan Instruksi Presiden Nomor 8 Tahun 2020 dan Keputusan Presiden Nomor 9 Tahun 2020 sebagai dasar hukum.

Meskipun demikian, akan tetapi pembangunan infrastruktur untuk itu tetap dilaksanakan walaupun kegiatannya ditunda.

Muhadjir mengatakan, baik venue pertandingan maupun lapangan latihan akan tetap dipersiapkan.

"Anggaran pemeliharaan infrastruktur akan menjadi tanggung jawab Kementerian PUPR hingga Desember 2021. Selanjutnya, mulai Januari 2022 akan beralih ke pemerintah daerah," kata Muhadjir.

Muhadjir mengatakan, meski ditunda, para menteri, kepala daerah, dan pihak-pihak terkait seperti PSSI dan dinas olahraga provinsi yang menjadi tempat penyelenggaraan Piala Dunia U-20 telah sepakat serta berkomitmen untuk terus melakukan persiapan.

Selain itu, Muhadjir juga meminta agar PSSI mempersiapkan para pemain tim nasional yang akan berlaga di ajang tersebut.

"Kita perlu mempersiapkan masalah pemain tim nasional yang sekarang usianya masih masuk U-20 ini, apakah nanti di 2023 akan disesuaikan atau seperti apa," kata dia.

Sebelumnya, FIFA memutuskan membatalkan Piala Dunia U20 pada tahun 2021 di Indonesia karena situasi pandemi virus corona.

Meski demikian, Indonesia tetap akan berstatus sebagai tuan rumah pada Piala Dunia U20 selanjutnya, yakni pada 2023.**

Sumber: Viva

 

Berita Lainnya

Index