12 Jumadil Akhir 1442 H | Selasa, 26 Januari 2021
Pagi Ini Rupiah Melemah ke Rp14.025 per USD
bisnis | Senin, 11 Januari 2021
Editor : Rvp | Reporter : -

Iniriau.com, JAKARTA - Nilai tukar rupiah berada di level Rp14.025 per dolar AS pada Senin (11/1) pagi. Posisi tersebut melemah 0,04 persen dibandingkan perdagangan sebelumnya di level Rp14.020 per dolar AS.

Pagi ini, rupiah melemah bersama mayoritas mata uang di kawasan Asia lainnya. Kondisi ini ditunjukkan oleh yen Jepang turun 0,22 persen, dolar Singapura melemah 0,32 persen, dolar Taiwan melemah 0,07 persen, dan won Korea Selatan berkurang 0,72 persen.

Selanjutnya, peso Filipina melemah 0,05 persen, yuan China berkurang 0,13 persen, ringgit Malaysia turun 0,32 persen, dan baht Thailand turun 0,10 persen. Sedangkan, rupee India berhasil menguat 0,11 persen dan dolar Hong Kong naik 0,02 persen terhadap dolar AS.

Serupa itu, mayoritas mata uang di negara maju kompak lesu di hadapan dolar AS. Tercatat, poundsterling Inggris turun 0,41 persen, dolar Australia melemah 0,61 persen, dolar Kanada berkurang 0,32 persen, dan franc Swiss turun 0,35 persen.

Direktur PT Solid Gold Berjangka Dikki Soetopo mengatakan pelemahan rupiah dipicu oleh pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Pulau Jawa dan Bali mulai hari ini hingga 25 Januari 2020 mendatang. PPKM Jawa-Bali merupakan aturan baru pengganti istilah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Aturan ini diterapkan sejumlah daerah dengan tingkat penyebaran covid-19 tinggi. Meliputi, seluruh DKI Jakarta serta 23 kabupaten/kota di Jawa Barat, Jawa tengah, Jawa Timur, Banten hingga Bali.

"Ada sedikit kendala atau tekanan untuk rupiah yang dikhawatirkan pasar karena masih melonjaknya kasus covid-19 dan kebijakan PSBB ketat di DKI Jakarta, Pulau Jawa, dan Bali," ucapnya kepada CNNIndonesia.com, Senin (11/1).

Namun, ia memperkirakan pergerakan rupiah ke depan masih baik akibat ditopang masuknya aliran modal asing (capital inflow) ke pasar keuangan Indonesia. Kondisi ini sudah berlangsung sejak pekan lalu.

"Ditopang juga penguatan dari Indeks Harga Saham Gabungan, terutama dari saham-saham emiten farmasi. Termasuk, pasar obligasi mulai meningkat," ujarnya.

Ia meramal mata uang Garuda hari ini bergerak di kisaran Rp13.850 hingga Rp14 ribu per dolar AS.**

Sumber: CNN



    Nasional   Otomotif   Life Style
  Bisnis   Advertorial   Ruang Kosong
  Daerah   Galeri   Pariwisata
  Internasional   Sport   Hiburan
  Hukum   Pendidikan   Griya Interior
  Politik   Budaya   Kisah Inspiratif
    Kota Pekanbaru   Kabupaten Kampar   Kabupaten Rokan Hulu
  Kabupaten Indragiri Hulu   Kabupaten Kuantan Singingi   Kabupaten Rokan Hilir
  Kabupaten Indragiri Hilir   Kabupaten Meranti   Kabupaten Bengkalis
  Kota Dumai   Kabupaten Siak   Kabupaten Pelalawan
      Pemkab Bengkalis   DPRD Kabupaten Bengkalis