Menko Airlangga Pastikan Vaksin Mandiri Gratis Bagi Karyawan

Menko Airlangga Pastikan Vaksin Mandiri Gratis Bagi Karyawan
Ilustrasi

Iniriau.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan program vaksin corona  jalur mandiri gratis untuk seluruh karyawan.

Ia menyebut pemerintah tengah mengatur mekanisme pembelian oleh sektor industri tertentu sambil mempersiapkan payung hukum untuk program vaksin mandiri itu.

"Itu akan mengatur pembelian oleh sektor-sektor industri tertentu dan itu akan diberikan kepada karyawan secara gratis juga," katanya pada konferensi pers daring, Kamis (21/1).

Dia menyatakan salah satu teknis yang tengah dipersiapkan adalah sumber dari vaksin itu. Nantinya, sumber vaksin yang digunakan untuk kedua program akan dibedakan.

Sebelumnya, pemerintah menyatakan vaksinasi corona akan dilakukan lewat dua jalur, vaksin gratis dari pemerintah dan mandiri alias berbayar.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan akan segera memutuskan mekanisme program dengan pertimbangan demi mempercepat proses vaksinasi di dalam negeri.

"Banyak dari pengusaha sampaikan, pak bisa tidak vaksin mandiri? Ini baru kami akan putuskan karena perlu untuk dipercepat," ujar Jokowi dalam 11th Kompas100 CEO Forum "Lets Collaborate; Rising in Pandemic Era", Kamis (21/1).

Ia menyatakan tidak ada salahnya dengan vaksinasi mandiri. Sebab, biaya vaksinasi akan ditanggung oleh perusahaan.

"Apalagi, biaya ditanggung perusahaan sendiri, kenapa tidak? Sekali lagi kami harus kelola isu ini dengan baik," imbuhnya.

Jokowi menyatakan vaksinasi covid-19 secara mandiri bisa dilakukan asalkan merek vaksinnya berbeda dari vaksin yang diberikan secara gratis. Selain itu, tempat untuk vaksinasi juga berbeda.**

Sumber: CNN

Berita Lainnya

Index