Gunung Merapi Erupsi, Warga Berlarian ke Tempat Aman

Gunung Merapi Erupsi, Warga Berlarian ke Tempat Aman
Letusan Gunung Merapi Siang Ini (istimewa)

Iniriau.com, JAKARTA - Gunung Merapi mengalami erupsi siang ini. Sirene bahaya meraung dan warga di kawasan rawan bencana (KRB) mulai turun ke tempat aman.

Pantauan detikcom di Ngrangkah, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Rabu (27/1/2021), saat erupsi terjadi, puncak Gunung Merapi tertutup awan. Erupsi terjadi pada pukul 13.30 WIB.

Arah erupsi diperkirakan menuju sektor barat daya. Jarak luncur dan tinggi kolom belum teramati. Saat erupsi, tidak terdengar suara gemuruh sama sekali.

Saat erupsi, sirene yang berada di Ngrangkah dibunyikan. Selanjutnya, relawan bergeser ke tempat aman. Warga di sekitar Ngrangkah pun kemudian keluar dari rumah memantau kondisi Merapi.

Sementara itu, saat Gunung Merapi erupsi, angin bertiup dari sisi barat ke timur. Hingga saat ini belum ada laporan hujan abu vulkanik.

Sementara itu, pihak BPPTKG belum memberikan keterangan resmi terkait erupsi siang ini.

Terpisah, Kasi Mitigasi Bencana BPBD Sleman Joko Lelono menjelaskan erupsi erupsi Gunung Merapi ini membuat warga Padukuhan Turgo, Kelurahan Purwobinangun, Kapanewon Pakem, turun.

"Sebagian warga Turgo bergeser ke SD Sanjaya Tritis dan lapangan Tritis," kata Joko melalui pesan singkat, Rabu (27/1/2021).**

Sumber: Detik

Berita Lainnya

Index