Beras Ketan Ternyata Baik Bagi Penderita Diabetes, Ini Manfaatnya

Beras Ketan Ternyata Baik Bagi Penderita Diabetes, Ini Manfaatnya

Iniriau.com, JAKARTA - Beras dengan warna putih terang dan bertekstur lengket ini merupakan salah satu bahan makanan yang populer di berbagai daerah. Di Indonesia sendiri beras ketan umumnya dijadikan sebagai bahan pokok dari kudapan tradisional seperti, uli, tape ketan, wajik dan masih banyak lagi. Berbeda halnya jika beras ketan yang ada di negara Asia lain seperti di Thailand, di sana ada makanan bernama mango sticky rice yang sudah mendunia. 

Meskipun sekilas punya kemiripan dengan beras putih biasa, beras ketan lebih banyak mengandung manfaat bagi kesehatan. Di antaranya akan dijabarkan dalam penjelasan di bawah ini.

1. Menurunkan kadar insulin berlebih dalam tubuh
Baik bagi Penderita Diabetes, Ini 5 Khasiat Utama Beras Ketan butterkicap.com
Di balik tekstur lengket dan rasa chewy beras ketan tersimpan protein yang bisa berguna bagi para penderita diabetes. Protein ini akan membuang kadar insulin berlebih dalam darah sehingga kadar gula dalam tubuh terjaga normal.

2. Memperkuat kesehatan tulang
Baik bagi Penderita Diabetes, Ini 5 Khasiat Utama Beras Ketan ohmydish.com
Selain susu ada makanan lain yang bisa kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan tulang nih, ialah beras ketan yang bisa mencegah masalah  dan memperkuat massa tulang. Keduanya cocok dikombinasikan menjadi makanan sehat yang sempurna bagi nutrisi tulang.

3. Mengurangi kemungkinan tubuh terserang penyakit kronis
Baik bagi Penderita Diabetes, Ini 5 Khasiat Utama Beras Ketan indochinavoyages.com
Selenium, vitamin dan mineral terkandung dalam setiap butir beras ketan. Ketika kamu mengonsumsinya artinya kalian telah melakukan pencegahan dini dari penyakit kronis. Penyakit kronis bisa terjadi ketika banyak radikal bebas tersebar dan bersarang dalam badan kita, namun berkat kandungan antioksidan yang kuat beras ketan dapat menangkal itu semua.

4. Menjaga kesehatan jantung
Baik bagi Penderita Diabetes, Ini 5 Khasiat Utama Beras Ketan epicurious.com
Berbeda dari beras biasa yang tinggi gula dan berkemungkinan besar menambah berat badan dengan mudah yang akhirnya bisa berujung pada penyakit, beras ketan justru tidak mengandung banyak kalori. Ini menjadi pilihan bijak bagi kamu yang ingin memiliki kesehatan organ dalam seperti jantung yang sehat.

5. Mendukung sistem metabolisme lebih lancar
Baik bagi Penderita Diabetes, Ini 5 Khasiat Utama Beras Ketan wishesndishes.com
Metabolisme yang terganggu bisa membuat kegiatan jadi gak nyaman. Misalnya mudahnya terkena penyakit sariawan, sakit perut atau tubuh terasa lemas. Agar harimu tak terganggu dengan masalah sepele yang bisa berpengaruh besar seperti tadi baiknya rajin konsumsi beras ketan guys. Beras ketan bisa menyeimbangkan hormon tubuh dan meningkatkan produksi enzim karena Vitamin B yang banyak terkandung di dalamnya. 

Popularitas beras ketan yang biasanya kita temui di makanan tradisional mungkin boleh tergeser dengan makanan modern, namun khasiatnya gak akan pudar dan tetap lebih baik dari makanan kekinian.**

Sumber: IDNTimes

Berita Lainnya

Index