29 Sya'ban 1442 H | Senin, 12 April 2021
Tingkat Kesopanan Orang Indonesia di Internet Paling Buruk Se-Asia Tenggara
kolom | Sabtu, 27 Februari 2021
Editor : Rvp | Reporter : -
Ilustrasi

Iniriau.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Jhonny G Plate menyebut bahwa minimnya tingkat kesopanan dan keberadaban masyarakat Indonesia dalam menggunakan jaringan internet.

Hak tersebut didasari dengan adanya hasil survey perusahaan teknologi global yang menyebutkan bahwa dari 32 negara di dunia yang menjadi penelitian, Indonesia berada pada peringkat 29.

"Berdasarkan studi perilaku digital oleh salah satu perusahaan teknologi global pada tahun 2021 ini, tingkat Digital Civility atau keberadaban digital Indonesia masih tergolong rendah," kata Jhonny saat menggelar konferensi pers di Kantor Kemkominfo, Jakarta (26/2/2021).

"Dari total 32 negara subjek study, indonesia menduduki peringkat ke-29," lanjutnya lagi.

Bahkan lebih ironinya lagi, posisi peringkat kesopanan dan keberadaban masyarakat Indonesia dalam bersosial media dengan akses jaringan internet itu diungkapkan Jhonny bahwa menempatkan Indonesia berada pada posisi terbawah dari negara-negara tetangga lainnya di Asia-Pasifik.

"Indonesia sebagai negara dengan posisi bawah diantara negara-negara asia pasifik lainnya," ungkapnya.

Penyebab minimnya peringkat Indonesia dalam hal kesopanan dan keberadaban menggunakan teknologi dan informasi internet itu dinilai dari berbagai indeks digital.

Namun dijelaskan Menkominfo Jhonny G Plate, bahwa adanya indeks penilaian buruk masyarakat Indonesia menggunakan internet tersebut berasal dari indeks penyebaran informasi bohong (hoaks) yang dilakukan oleh masyarakat secara masif.

"Secara garis besar, skor ini sedikit banyak di pengaruhi oleh tingkat penyebaran hoaks, disinformasi, ujaran kebencian serta kejadian bullying dan pelecehan daring yang semakin marak ditemukan di ruang digital Indonesia dalam beberapa tahun terakhir," pungkasnya.**

Sumber: RRI



    Nasional   Otomotif   Life Style
  Bisnis   Advertorial   Ruang Kosong
  Daerah   Galeri   Pariwisata
  Internasional   Sport   Hiburan
  Hukum   Pendidikan   Griya Interior
  Politik   Budaya   Kisah Inspiratif
    Kota Pekanbaru   Kabupaten Kampar   Kabupaten Rokan Hulu
  Kabupaten Indragiri Hulu   Kabupaten Kuantan Singingi   Kabupaten Rokan Hilir
  Kabupaten Indragiri Hilir   Kabupaten Meranti   Kabupaten Bengkalis
  Kota Dumai   Kabupaten Siak   Kabupaten Pelalawan
      Pemkab Bengkalis   DPRD Kabupaten Bengkalis