29 Sya'ban 1442 H | Senin, 12 April 2021
Indonesia Raih Universitas Islam Terbaik Dunia 2021
pendidikan | Selasa, 2 Maret 2021
Editor : Rvp | Reporter : -

Iniriau.com, JAKARTA - Pada masa pandemi Covid-19 ini banyak sektor di tanah air mengalami penurunan, baik itu dari sektor ekonomi, pariwisata sampai dengan sektor pendidikan.

Pada sektor pendidikan misalnya banyak sekolah harus dilakukan dengan sistem Pembelajaran Jarak Jauh atau daring. Dalam segi penilaian pun pencapaian kurikulum bukan menjadi patokan utama dalam evaluasi atau kelulusan.

Di tengah kondisi pendidikan yang tersendat itu, ternyata ada kabar baik dari Universitas Islam di Indonesia. Indonesia memperoleh prestasi luar biasa dengan menempatkan Universitasnya menjadi Universitas Islam Terbaik di Dunia versi uniRank atau 4 International College and Universities (4ICU). UniRank adalah sistem pemeringkatan yang telah terdaftar sebagai Global University Ranking oleh IREG Observatory on Academic Ranking and Excellence.

Nah, berdasarkan pemeringkatan itu, laman 4icu.org melansir daftar berjudul Top Islamic University In The World 2021 UniRank University Ranking. Yang membanggakan, pemuncak daftar tersebut adalah Universitas dari Indonesia yakni Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). UMM mengalahkan Iran University of Science And Technologi yang menempati posisi runner up. Sedang posisi ketiga ditempati oleh Universitas dari Mesir, Cairo University.

Selanjutnya Universitas dari Indonesia yang lain, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menempati urutan ke empat. UMY mengalahkan Umm Al-Qura University dari Saudi Arabia yang berada pada peringkat ke lima.

Lalu apa yang menjadi dasar pemeringkatan UniRank sehingga UMM dari Indonesia mampu menempati Ranking 1 dari Top Islamic University In The World 2021?

Pada laman 4icu.org dijelaskan bahwa ada beberapa kategori universitas yang diikutkan dalam perankingan. Yang pertama adalah universitas tersebut terakreditasi oleh badan akreditasi yang apropriate di masing-masing negara asal universitas yang bersangkutan. Universitas yang bersangkutan menyediakan layanan pendidikan undergraduate empat tahun (setara S1) dan post graduate (bisa master ataupun doctoral). Dan yang terakhir adalah universitas yang bersangkutan menyelenggarakan pendidikan berformat tatap muka, bukan berformat jarak jauh.

Dalam laman yang sama juga dijelaskan dalam pemeringkatan tersebut mereka menggunakan web metrics yang diperoleh dari web intelegence source yang bersifat valid, tidak bias, dan tidak terpengaruh atau independen.

Hasil UniRank ini mungkin saja akan menuai pendapat yang berbeda. Tetapi minimal bisa menjadikan referensi bahwa ternyata Universitas di Indonesia juga mampu menunjukkan sebuah catatan bagus di dunia internasional berdasarkan salah satu lembaga pemeringkatan dunia**

Sumber:Kompasiana



    Nasional   Otomotif   Life Style
  Bisnis   Advertorial   Ruang Kosong
  Daerah   Galeri   Pariwisata
  Internasional   Sport   Hiburan
  Hukum   Pendidikan   Griya Interior
  Politik   Budaya   Kisah Inspiratif
    Kota Pekanbaru   Kabupaten Kampar   Kabupaten Rokan Hulu
  Kabupaten Indragiri Hulu   Kabupaten Kuantan Singingi   Kabupaten Rokan Hilir
  Kabupaten Indragiri Hilir   Kabupaten Meranti   Kabupaten Bengkalis
  Kota Dumai   Kabupaten Siak   Kabupaten Pelalawan
      Pemkab Bengkalis   DPRD Kabupaten Bengkalis