29 Sya'ban 1442 H | Senin, 12 April 2021
KPK Minta 700 Persil Lahan Pemprov Riau Segera Bersertifikat
pemprov | Minggu, 7 Maret 2021
Editor : Nakita | Reporter : Mokhtiar
Plt Sekda Riau, Masrul Kasmy

Iniriau.com, Pekanbaru - Sebanyak 700 lebih lahan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau belum disertifikasi. Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) pun memberikan sorotan. 

Hal ini terungkap saat gelaran pertemuan lanjutan, pembahasan khusus aset Pemprov Riau, bersama komisi anti rasuah, pada akhir pekan kemarin. KPK pun meminta, sebelum akhir 2024 nanti, ratusan persil lahan tersebut, diberi sertifikat. 

"Ya, KPK meminta setiap tahunnya bagaimana 700-an lahan milik Pemprov ini disertifikasi dan sudah tuntas pada 2024," kata Pelaksana Harian (Plh) Masrul Kasmy, Ahad (7/3/21). 

Menurut Masrul, 700 lebih lahan milik Pemprov yang belum bersertefikat itu, tersebut tersebar diberbagai kabupaten kota di Riau. Namun tidak dirincikan, di daerah mana saja terbanyak sebaran lahan belum bersertefikat itu. 

Meski begitu, mantan Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Rokan Hulu ini menyatakan Pemprov Riau sudah bekerja sama dengan Kanwil BPN Riau, untuk menuntaskannya.

"Ini sudah membicarakan dengan instansi terkait, dalam hal ini Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Riau. BPN Riau juga. Kita sisir kembali, mana saja dan dimana saja. Initinya, kami berupaya bagaimana Arahan KPK soal sertifikasi itu terlaksana," papar Masrul.

Selain itu, KPK juga menyoroti soal Pasar Cik Puan, yang hingga kini tak kunjung selesaikan bersama Pemerintah Kota Pekanbaru. Menurut Masrul lagi, dalam waktu dekat, akan ada pertemuan lanjutan, khusus bersama Pemko, menuntaskan persoalan Pasar Cik Puan, yang sudah 12 tahun mangkrak.**



    Nasional   Otomotif   Life Style
  Bisnis   Advertorial   Ruang Kosong
  Daerah   Galeri   Pariwisata
  Internasional   Sport   Hiburan
  Hukum   Pendidikan   Griya Interior
  Politik   Budaya   Kisah Inspiratif
    Kota Pekanbaru   Kabupaten Kampar   Kabupaten Rokan Hulu
  Kabupaten Indragiri Hulu   Kabupaten Kuantan Singingi   Kabupaten Rokan Hilir
  Kabupaten Indragiri Hilir   Kabupaten Meranti   Kabupaten Bengkalis
  Kota Dumai   Kabupaten Siak   Kabupaten Pelalawan
      Pemkab Bengkalis   DPRD Kabupaten Bengkalis