Kapolri: Penyerang Mabes Polri Lone Wolf Berideologi Radikal ISIS

Kapolri: Penyerang Mabes Polri Lone Wolf Berideologi Radikal ISIS
Wanita Terduga Teroris Penyerang Mabes Polri, Rabu (31/3/2021)

Iniriau.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan ZA, pelaku penyerangan di Markas Besar Kepolisian RI pada Rabu sore, 31 Maret 2021, beraksi sendiri atau lone wolf. Hal itu berdasarkan hasil identifikasi dan profiling pelaku.

"Dari hasil profiling terhadap yang bersangkutan, maka yang bersangkutan adalah tersangka pelaku lone wolf berideologi radikal ISIS yang dibuktikan dengan postingan yang bersangkutan di sosial media," kata Listyo saat jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta, Rabu malam, 31 Maret 2021.

Dia menambahkan, pelaku memiliki akun di media sosial Instagram yang baru dibuat, dengan postingan terakhir pada 21 jam yang lalu.

"Di mana di dalamnya (postingan) ada bendera ISIS dan ada tulisan terkait dengan masalah bagaimana perjuangan jihad," ujar Kapolri.

Selain itu, dari hasil penggeledahan di rumah pelaku, polisi juga menemukan surat wasiat dan kata-kata di WA (aplikasi WhatsApps) grup keluarga, di mana pelaku sempat menyatakan akan pamit.

Karenanya, lanjut Sigit, dia pun sudah memerintahkan kepada Kepala Detasemen Khusus 88 Anti Teror untuk mendalami dan mengusut tuntas terkait kelompok jaringan terkait dengan tersangka ini.

Sebelumnya, Mabes Polri dikejutkan dengan kehadiran seorang wanita terduga teroris yang datang sambil menodongkan senjata ke arah petugas pada Rabu sore, 31 Maret 2021. Situasi sempat mencekam sebelum akhirnya wanita misterius itu berhasil dilumpuhkan.

Dalam video yang beredar, terduga teroris itu sebelumnya sempat mondar-mandir di sekitaran Mabes Polri dekat ruang kerja Kapolri. Pelaku menghampiri kantor pos jaga yang ada di depan pintu gerbang Mabes Polri sembari menodongkan senjata ke aparat yang berjaga.

Sementara aparat lainnya dari sisi lain sudah memantau gerak-gerik pelaku akhirnya melepaskan tembakan ke arah pelaku. Beberapa kali letusan senjata santer terdengar di sekitaran Trunojoyo dan akhirnya menewaskan pelaku.

Dari hasil olah tempat kejadian perkara, pelaku diketahui merupakan seorang perempuan berinisial ZA berusia 25 tahun. Ia beralamat di Jalan Lapangan Tembak, Kecamatan Ciracas, Kota Jakarta Timur, Jakarta.**

Sumber: Viva

Berita Lainnya

Index