2 Ekor Beruang Madu Berkeliaran di Permukiman Warga Siak

2 Ekor Beruang Madu Berkeliaran di Permukiman Warga Siak
Ilustrasi

Iniriau.com, SIAK - Dua ekor beruang madu memasuki permukiman warga di camp Pertamina Buatan, Koto Gasib, Kabupaten Siak, Riau. Satwa bernama latin Helarctos malayanus itu tampak terlihat sejak 3 hari lalu.

Kemunculan satwa dilindungi itu membuat warga resah dan khawatir saat beraktivitas. Kemudian warga melaporkan peristiwa ini ke pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau.

"Kita mendapatkan laporan dari Penghulu atau Kades Buatan III atas adanya satwa beruang masuk permukiman penduduk," ujar Kepala Bidang Wilayah II BBKSDA Riau, Heru Sutmatoro, Rabu (31/3).

Heru mengatakan, tim BBKSDA Riau telah mendatangi lokasi. Dari laporan yang diterima, ternyata memang ditemukan adanya jejak beruang yang diinformasikan tersebut.

"Awalnya muncul Minggu pagi lalu. Kemudian warga kembali melihat pada Senin (29/3) kemarin," jelasnya.

Dia menduga beruang madu tersebut masih muda. Beruang itu diduga masih anak-anak yang terpisah dari induknya. Selain itu, beruang tersebut berjalan pincang yang diduga kuat merupakan beruang yang pernah masuk jerat warga 2 tahun lalu.

"Memang ada dua beruang anak dan induk kena jerat 2 tahun lalu. Kemudian saat mau dievakuasi malah lepas, dugaannya beruang itu balik lagi," kata dia.

Saat ini, Tim BBKSDA Riau sedang mengupayakan evakuasi lantaran satwa tersebut mengarah ke permukiman yang padat penduduk. Mereka khawatir terjadi konflik warga dan satwa dilindungi tersebut.

Salah satu langkah awal, pihaknya akan memasang perangkap di lokasi munculnya beruang tersebut.

"Sekarang sedang dilakukan koordinasi petugas dengan masyarakat di daerah tersebut agar tidak terjadi konflik," tandasnya.**

Sumber:Bisnis

Berita Lainnya

Index