Zukri Beri Arahan Strategi Penanganan Stunting di Pelalawan

Zukri Beri Arahan Strategi Penanganan Stunting di Pelalawan
H.Zukri Misra

Iniriau.com, Pelalawan - H.Zukri Misran yang tak lama lagi akan dilantik menjadi Bupati Pelalawan, tepatnya  pada  26 April 2021 nanti, punya strategi dalam penurunan stunting atau angka kematian ibu dan balita di Kabupaten Pelalawan.

Saat  memberikan sambutan di hadapan  pimpinan OPD dan perusahaan dalam kegiatan rembuk stunting tingkat Kabupaten Pelalawan konvergensi percepatan penurunan stunting menuju Pelalawan sehat, Selasa (6/4).  Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pelalawan di Auditorium Kantor Bupati pelalawan Lantai III Pangkalan Kerinci, Selasa (06/04).

H.Zukri Misran mengatakan, masalah penurunan stunting tidak hanya semata  masalah angka, karena  kalau angka yang dikedepankan,  langkahnya sangat prosedural, yang sudah pasti diikuti  regulasi yang  mengikat. Setelah dirinya dilantik, Zukri-Nasar  menerapkan strategi khusus,  yaitu melalui  sinergisitas pihak terkait.

"Sinergisitas adalah langkah yang akan kami lakukan kedepann, dimulai dari tingkat desa, kecamatan, lalu kabupaten agar kita bisa tekan penurunannya  kalau bisa, tidak ada lagi locus stunting menuju zero persen," ujar Zukri.

"Masa kami mengabdi hanya berkisar 3 tahun 8 bulan, apabila di tahun 2024 akan dilaksanakan pilkada serentak kembali, maka kita tidak akan kaku dengan prosedural atau protokol yang sudah ditetapkan.  Kita bisa bergerak  dengan langkah yang lebih cepat," kata mantan wakil ketua DPRD Riau ini.

Disamping itu juga H.Zukri menekankan pentingnya sinergisitas perusahaan dengan pemerintah daerah, sesuai visi dan misi bupati dan wakil bupati periode 2021-2026.

“Perusahaan harus dari sekarang mempersiapkan program apa yang akan di tawarkan kepada pemerintah daerah, sesuai visi dan misi tahun 2021-2026. Jangan ada kesamaan program, itu itu saja misal perusahaan A mengusung tentang gizi lalu, perusahaan B juga gizi, harus ada inovasi dari program yang di laksanakan,” tegas H.Zukri.

Pelayanan sepenuh hati juga menjadi poin bagi H.Zukri  dalam penurunan stunting, karena locus stunting tidak dapat diurunkan kalau  masih belum bisa memberikan pelayanan sepenuh hati kepada masyarakat.

“OPD terkait berikan pelayanan sepenuh hati kepada masyarakat. Dan harus didukung oleh data ( basis data ) yang terintegrasi, melalui aplikasi Klik Pelalawan yang sudah kita rencanakan, dan akan diintegrasikan oleh Dinas Kominfo, “ Jelas H.Zukri.**

Berita Lainnya

Index