Pemerintah Subsidi Ongkir Rp500 M untuk 'Harbolnas' Lebaran

Pemerintah Subsidi Ongkir Rp500 M untuk 'Harbolnas' Lebaran
Ilustrasi

Iniriau.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan pemerintah memberikan subsidi ongkos kirim untuk program hari belanja nasional (Harbolnas) jelang Hari Raya Idul Fitri 2021.

"Pemerintah akan mensubsidi ongkos kirim seningga pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp 500 miliar," jelas Airlangga dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (7/4).

Langkah tersebut, sebut Airlangga, guna mendorong daya beli masyarakat jelang lebaran dengan membeli barang atau produk-produk nasional di platform e-commerce yang tersedia.

"Pemerintah akan mendorong (kegiatan) Harbolnas, di mana di H-10 dan H-5, Harbolnas melalui dengan online ditujukan untuk produk nasional," ujar Airlangga.

Politikus Golkar itu menyampaikan, berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo, upaya subsidi itu diharapkan dapat menjaga momentum pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi.

"Dengan pertumbuhan ekonomi dan penanganan covid-19 harus berjalan seiring dan oleh karena itu yang terkait dengan demand side itu perlu dilanjutkan,” pungkas Airlangga.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, adanya pelarangan kegiatan mudik dari 6 hingga 17 Mei, insentif itu perlu dimanfaatkan dalam mengirimkan produk-produk berupa parsel.

"Pengiriman produk-produk ekonomi kreatif pengganti dari larangan mudik ini sebagai opsi bagi para anggota masyarakat yang tidak bisa bersilaturahim ke kampung halamannya," jelas Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta dalam konferensi pers secara virtual, Senin (5/4).**

Sumber: MediaIndonesia

Berita Lainnya

Index