12 Zulqaidah 1442 H | Selasa, 22 Juni 2021
H-1 Larangan Mudik, Penumpang Padati Pelabuhan Merak
nasional | Rabu, 5 Mei 2021
Editor : Rvp | Reporter : -
Foto dok: istimewa

Iniriau.com, JAKARTA - Sehari sebelum larangan mudik diberlakukan, para pemudik mulai memadati kawasan Pelabuhan Merak, Banten pada Rabu dini hari, 5 Mei 2021.

Para penumpang pejalan kaki tampak memadati sejumlah loket penjualan tiket kapal penyeberangan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung. "Kami terpaksa mengantre untuk membeli tiket kapal," kata Suyadi, seorang pemudik yang membeli tiket di Pelabuhan Merak.

Penumpukan terjadi karena para penumpang ini datang berbarengan. Meski demikian penjualan tiket berlangsung lancar karena petugas membuka enam loket untuk melayani penumpang yang hendak ke Pulau Sumatera itu.

"Kami hanya menunggu sekitar tiga puluh menit untuk mendapat tiket," kata Suyadi yang mengaku bekerja sebagai buruh bangunan di Bogor, Jawa Barat.

Pemudik lain, Mono Suharmono, juga harus mengantre bersama dua anaknya untuk mendapatkan tiket kapal yang menyeberangkan mereka ke Pelabuhan Bakauheni, Provinsi Lampung.

Mono mengatakan dia rela mengantre agar bisa pulang ke kampung halaman tanpa menemui kendala. "Jika berangkat pada 6 Mei dipastikan menemui kendala larangan mudik," katanya.

Karenanya, dia rela mengantre selama 20 menit untuk mendapatkan tiket penyeberangan, kata pemudik dengan tujuan Kota Bandar Lampung ini.

Sementara itu, Manajer Usaha Pelabuhan ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak Heru Wahyono mengatakan pihaknya mengoperasikan 29 kapal ro-ro untuk melayani penyeberangan penumpang menuju Pelabuhan Bakauheni.

"Kami tetap memberikan pelayanan terbaik dan semua penumpang bisa diseberangkan dengan lancar," katanya.

Pemerintah mulai memberlakukan larangan mudik pada 6 hingga 17 Mei 2021. Warga yang tak memiliki kepentingan mendesak dilarang bepergian untuk mencegah penyebaran Covid-19. Aparat pun mulai menyiapkan posko penyekatan di beberapa titik.**

Sumber: Tempo



    Nasional   Otomotif   Life Style
  Bisnis   Advertorial   Ruang Kosong
  Daerah   Galeri   Pariwisata
  Internasional   Sport   Hiburan
  Hukum   Pendidikan   Griya Interior
  Politik   Budaya   Kisah Inspiratif
    Kota Pekanbaru   Kabupaten Kampar   Kabupaten Rokan Hulu
  Kabupaten Indragiri Hulu   Kabupaten Kuantan Singingi   Kabupaten Rokan Hilir
  Kabupaten Indragiri Hilir   Kabupaten Meranti   Kabupaten Bengkalis
  Kota Dumai   Kabupaten Siak   Kabupaten Pelalawan
      Pemkab Bengkalis   DPRD Kabupaten Bengkalis