NASA Umumkan Misi ke Venus, Planet Terpanas di Tata Surya

NASA Umumkan Misi ke Venus, Planet Terpanas di Tata Surya
Ilustrasi

Iniriau.com - NASA mengumumkan pada Kamis (3/6) bakal menjalankan dua misi khusus untuk meneliti Venus, planet terpanas dalam Tata Surya, pada 2028 - 2030. Sebelum membara seperti neraka, Venus diduga planet pertama yang layak huni di Tata Surya, lengkap dengan laut dan iklim seperti Bumi.

NASA sudah lebih dari 30 tahun tak pernah mengunjungi Venus, misi terakhir dari lembaga antariksa Amerika Serikat ini dilakukan misi Magellan pada 1990. Meski begitu Jepang dan Eropa pernah mengirimkan robot untuk mengorbit di planet urutan kedua ini.

Dua misi NASA untuk Venus diberi nama Davinci+ (Deep Atmosphere Venus Investigation of Noble gases, Chemistry, and Imaging) dan Veritas (Venus Emissivity, Radio Science, InSAR, Topography, and Spectroscopy). NASA telah mendapatkan dana US$500 juta (sekitar Rp7,1 triliun) untuk misi keduanya yang termasuk dalam Program Discovery.

"Mengejutkan betapa sedikit yang kita ketahui tentang Venus, tetapi hasil gabungan misi ini akan memberi tahu kita tentang planet ini dari awan di langit, gunung berapi di permukaan hingga ke intinya. Ini akan menjadi seolah kita telah menemukan kembali planet ini," kata ilmuwan Program Discovery Tom Wagner, dalam siaran resmi NASA.

Davinci+ bertugas mengambil gambar resolusi tinggi geologi Venus yang dikenal dengan istilah 'tesserae' yang bisa diibaratkan benua di Bumi. Keberadaannya membuat Venus diprediksi memiliki lempeng tektonik.

Sedangkan Veritas bakal memetakan permukaan Venus dalam tiga dimensi untuk memahami sejarah geologi dan mengurai perbedaannya dari Bumi.

Selama beberapa dekade ke belakang, bujet penelitian NASA fokus pada Mars sedangkan planet lain, termasuk Venus, bukan prioritas.

Venus adalah planet misterius dengan konten ilmu pengetahuan yang menanti dipelajari. Venus merupakan planet terpanas walau bukan yang terdekat dari Matahari, suhu permukaannya bisa mencapai 500 derajat celcius.

Venus satu-satunya planet di Tata Surya yang diberi nama wanita, asalnya dari nama dewi Romawi karena paling terang dibanding planet lain.**

Sumber: CNN

Berita Lainnya

Index