Ini 8 Cara Kucing Mengungkapkan Rasa Sayang pada Tuannya

Ini 8 Cara Kucing Mengungkapkan Rasa Sayang pada Tuannya
Kucing bisa membalas kasih sayang tuannya (foto : NN)

Iniriau.com, Pekanbaru - Pemilik kucing tentunya sangat menyayangi hewan yang lucu tersebut, dan kadang kita menunjukkan dengan membelainya.

Kita merawat kucing milik kita dengan penuh kasih, memberikannya makanan, membersihkan kandangnya, hingga membawanya ke dokter hewan untuk memeriksakan kesehatan rutinnya.

Namun, pasti kita penasaran, apakah kucing peliharaan yang kita rawat dengan baik juga mencintai dan menyayangi kita?

Lalu, kalau pun jawabannya "ya", bagaimana kucing mengungkapkan rasa cintanya pada kita?

Kucing memang tidak bisa berbicara menggunakan bahasa manusia. Maka dari itu, perlu dipahami bagaimana kucing menunjukkan rasa sayang pada tuannya.

1. Memberikan pijatan lembut

Tanpa disangka, kucing bisa memberikan pijatan lembut dengan cakarnya. Ini sama artinya  menganggap kita seperti induknya. Ini adalah tanda cinta yang besar.

Menurut John Bradshaw, anthrozoologist dan penulis "Cat Sense," kucing belajar tindakan meremas atau memijat lembut ini dari induknya, sebagai anak kucing.

2. Mengibaskan ekornya ke atas

Sebagian besar pemilik kucing pastinya pernah melihat kucing peliharaannya mengibaskan ekornya tinggi-tinggi ke udara. Lalu, kita pun bertanya-tanya "apa artinya"?

Bradshaw mengatakan ekor yang tegak adalah cara paling jelas kucing menunjukkan kasih sayangnya kepada kita. 

Kucing tidak sedang lancang ketika dia memanjangkan ekornya ke atas, dia hanya ingin mengirimkan sedikit cinta kepada tuannya.

3. Bergulung di atas pangkuan kita

Kelakuan kucing yang melompat dan bergulung di atas pangkuan kita, sama seperti yang sering dilakukan oleh anjing.

Jika kucing melakukan hal ini, ini artinya dia ingin kita mengelusnya. Dengan membiarkan hal ini, si kucing ingin memperkuat hubungan positif dengan kita. Lagipula, kucing tidak akan membiarkan sembarang orang menyentuhnya.

4. Mengelus kaki kita

Selama ini, mungkin kita menyangka kucing ingin meminta makan atau lapar ketika dia  mengelus-ngelus kaki kita atau benda-benda di sekitar kita dengan badannya. Faktanya, ini bukan semata-mata si kucing lapar, tetapi justru dia ingin menunjukkan kemesraannya pada kita.

Untuk itu, jika lain kali kucing melakukan hal ini, kita bisa turun atau duduk, lalu mengelus kepala kucing kita dengan lembut.

5. Berkedip perlahan

Menurut pakar hewan peliharaan, kucing mengomunikasikan sesuatu yang spesifik ketika dia berkedip malas atau perlahan pada kita, yang memiliki arti sebuah keterikatan atau hubungan.

Ini dikarenakan kucing merupakan hewan yang sangat waspada, dan dengan menutup mata di depan orang lain, maka dia menunjukkan rasa kepercayaan total kepada orang itu.

Dengan berkedip, teman berbulu kita yang satu ini berarti memberi tahu bahwa dia mengakui kita bukanlah sebuah ancaman untuknya. Dalam bahasa kucing, itu adalah pernyataan cinta yang serius.

6. Pupilnya terlihat mengecil

The Humane Society mengatakan bahwa pupil yang menyempit atau mengecil menunjukkan kucing tersebut bahagia dan tenang.

Di sisi lain, perlu diketahui bahwa pupil kucing yang melebar menunjukkan bawa dia terganggu atau tidak nyaman dengan lingkungannya. 

7. Mengembangkan ekornya

Ekor itu sangat ekspresif. Para ahli mengatakan bahwa ketika kucing menggulungnya di sekitar kita atau kucing lain, ini berarti dia memancarkan keramahan.

8. Menangkap tikus sebagai hadiah untuk kita

Kucing menangkap tikus yang mungkin saja mengganggu sekitar rumah kita, lalu membawanya ke arah kita,. Ini bukanlah suatu hal yang menjijikkan. Kucing melakukan ini sebagai bentuk hadiah untuk tuannya.

Menurut LiveScience, seekor kucing berperan sebagai ibu dan guru, dengan menunjukkan keterampilan berburunya kepada pemiliknya, yang merupakan tanda dia sangat mencintaimu.

Ketika ini terjadi, kita bisa mencoba untuk mengatakan, "Terima kasih banyak!" pada kucing kita.**

Sumber : Kompas.com

Berita Lainnya

Index