4 Jenis Susu ini Baik Untuk Masker Wajah

4 Jenis Susu ini Baik Untuk Masker Wajah
Ilustrasi-internet

iniriau.com, JAKARTA - Susu tak hanya dikenal bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi, tapi juga sering digunakan sebagai bahan campuran produk kecantikan salah satunya masker wajah. Masker wajah dengan campuran susu banyak dipercaya bisa melembapkan, mencerahkan, mengencangkan, serta mengecilkan pori-pori kulit.

Akan tetapi tidak semua jenis susu ternyata bisa digunakan sembarangan, terutama sebagai masker wajah.

Menurut hasil studi, susu yang bagus untuk masker wajah harus sudah diproses sedemikian rupa sehingga aman ketika diaplikasikan ke kulit atau dicampurkan sebagai bahan produk kecantikan.

Berikut jenis masker susu untuk wajah yang biasa digunakan.

- Susu Sapi

Susu sapi termasuk jenis yang familiar dan banyak digunakan berbagai kalangan untuk campuran masker wajah D.I.Y karena diyakini bagus untuk kulit.

Susu sapi telah digunakan untuk perawatan sejak zaman dulu karena memberi efek melembapkan dan menutrisi kulit. Tak heran jika sebagian besar produk perawatan kulit menggunakan susu sapi.

Susu sapi mengandung vitamin A, D, dan asam laktat yang bertindak sebagai pembersih alami dan eksfoliator untuk kulit. Ini juga membantu mengangkat sel kulit mati, sekaligus merangsang sel yang baru.

Sayangnya, sejauh ini belum banyak penelitian yang spesifik tentang manfaat susu sapi yang dijadikan masker wajah, merujuk Healthline.

Terutama bagi pemilik kulit sensitif harus waspada, mengingat kandungan laktosa pada susu sapi jika sembarangan diaplikasikan ke wajah bisa memicu reaksi gatal-gatal.

- Susu Kambing

Susu kambing dinilai memiliki segudang manfaat karena mengandung antioksidan, vitamin, serta senyawa alpha-hydroxyl acid (AHA) yang cocok untuk orang dengan permasalahan kulit sensitif dan jerawat.

Nutrisi dalam susu kambing ini pun dilirik para produsen kecantikan karena dianggap mampu menangkal radikal bebas dan mengatasi kulit kusam.

Namun, penggunaan susu kambing yang tidak tepat bisa berakibat buruk bagi kulit. Disarankan untuk tidak mengolahnya dan meracik masker sendiri untuk menghindari efek samping.

Sebaiknya membeli produk masker siap pakai yang mengandung susu kambing dari merek tepercaya.

- Susu Fermentasi

Hasil studi yang diterbitkan National Center for Biotechnology Information, susu yang bagus untuk masker wajah bisa berupa susu fermentasi seperti yoghurt.

Tingkat keasaman yoghurt dinilai sama dengan kebutuhan pH kulit. Selain itu, tekstur yoghurt yang lembut juga aman bagi kulit wajah karena tidak akan membuat iritasi.

Meski demikian, para peneliti masih perlu mendalami lebih lanjut terkait manfaat dari susu fermentasi yang digunakan sebagai masker wajah dan produk topikal lainnya.

- Susu Murni

Sementara itu, jenis susu murni yang belum diproses pasteurisasi juga seringkali dianggap lebih bagus sebagai bahan campuran masker wajah karena nutrisinya masih utuh.

Padahal, susu murni yang belum diproses ini menyimpan banyak bakteri berbahaya. Apabila sembarangan diaplikasikan ke wajah untuk masker, tentu bisa menimbulkan efek samping.

Meski mengandung alpha-hydroxyl acid (AHA) untuk mengangkat sel kulit mati, sebaiknya jangan coba-coba sebab bakteri yang belum mati dapat memicu alergi, kemerahan, timbul jerawat, dan masalah kulit lainnya.

Pro-kontra seputar susu yang bagus untuk masker wajah, memang belum sepenuhnya didukung oleh bukti penelitian.

Sebagai langkah aman, susu lebih baik dikonsumsi seperti pada umumnya yaitu diminum. Karena kebaikan nutrisinya akan jauh lebih efektif apabila diserap oleh tubuh.

Jika tetap ingin menggunakan susu sebagai masker wajah, disarankan pilih produk masker siap pakai dengan kandungan susu dari merek dagang tepercaya serta sudah melewati uji klinis.**

Sumber: cnn 

Berita Lainnya

Index