Ini Tips Mengatur Cicilan Mobil yang Efektif

Ini Tips Mengatur Cicilan Mobil  yang Efektif
Ilustrasi-internet


iniriau.com, JAKARTA - Membelu mobil secara kredit menjadi pilihan banyak orang saat ini. Meskipun persyaratan membeli mobil secara kredit lebih rumit daripada membeli secara tunai, namun tetap menjadi pilihan banyak orang saat ini. Bagi anda yang berniat membeli mobil secara kredit, ada cara agar bisa mencicil mobil dengan efektif dan juga menjaga keuangan tetap aman. Beli mobil secara tunai tidak dibebankan dengan bunga cicilan kredit setiap bulannya, meski begitu kamu harus mengeluarkan uang dalam jumlah besar di awal. Tentunya jika kamu tidak memiliki uang untuk membeli mobil secara tunai, pilihannya dengan kredit. Kamu bisa mengikuti panduan berikut saat harus membeli mobil dengan kredit tapi juga tetap melindungi supaya keuangan tidak jebol.

Pertama, pilih mobil yang tepat Saat ingin membeli mobil, pastikan mobil yang sesuai dengan kebutuhan kamu dan juga kondisi keuangan. Janganlah membeli mobil hanya berdasarkan gengsi atau biar terlihat keren. Jika begitu, nantinya kamu jadi kesulitan dalam membayar cicilan kreditnya.

Kedua, Cek harga pasaran mobil.Jika sudah ada incaran mobil yang ingin dibeli, kemudian cari tahu harga pasaran mobil tersebut. Kamu bisa cek dengan cara mengunjungi dealer mobil, melalui lewat situs resmi pabrikan, atau melalui perusahaan pembiayaan. Di sana kamu bisa menghitung simulasi berapa besaran uang muka beserta cicilan per bulan dengan tenor yang kamu pilih.

Ketiga, tentukan perusahaan pembiayaan. Untuk pembelian secara kredit, banyak pilihan yang tersedia, baik melalui perusahaan pembiayaan atau kredit melalui bank. Masing-masing pilihan ini memiliki keunggulan serta kekurangan masing-masing yang bisa kamu perhitungkan untung ruginya.

Keempat, siapkan uang muka dan biaya lain. Setelah kamu menentukan sumber pembiayaan, tentunya kamu harus menyiapkan uang muka. Sekarang ini kisaran uang muka untuk pembelian mobil secara kredit di kisaran 20 sampai 30 persen dari harga jual. Jika dana tersedia, sebaiknya pilih untuk membayar uang muka melebihi batas minimum yang ditentukan tersebut, tujuannya agar cicilan per bulan bisa lebih murah dan juga akan lebih cepat lunas. Dengan begini maka keuangan kamu tak terganggu oleh besaran cicilan.

Kelima, pilih tenor kurang dari 5 tahun. Besaran cicilan kredit juga ditetapkan oleh bunga dan tenor atau periode waktu kredit yang kamu tentukan. Pastikan tenor yang di tentukan tak melebihi usia ekonomis mobil itu, biasanya sampai mobil masuk usia lima tahun. Di tahun kelima umumnya kamu harus menyiapkan biaya servis untuk perawatan berkala yang lebih besar. Jika kamu masih mencicil maka tentunya akan membuat pengeluaran bulanan kamu jadi lebih besar. Kalau dana kamu belum cukup untuk beli mobil baru, dan dengan cara kredit malah membuat pengeluaranmu berat solusinya adalah dengan membeli mobil bekas. Kalau kamu cari mobil bekas yang berkualitas jangan lupa carinya di mobil88 ya. Jaminan mobil bekas di mobil88 semua berkualitas dan ada garansinya. Prosesnya juga sekarang jauh lebih mudah dan cepat dengan proses online memungkinkan kamu melakukan pembelian mobil dari rumah. Jadi, tertarik untuk ambil cicilan mobil? Kamu bisa ambil cicilan mobil yang murah, menguntungkan, aman, dan terpercaya hanya di mobil88, lho! Ketika kamu membeli mobil di mobil88, kamu juga akan mendapat penawaran untuk paket asuransi dengan mobil yang dipilih dalam satu transaksi yang sama. Selain itu kamu juga bisa memilih apa keuntungan yang ingin didapatkan seperti cicilan ringan atau DP murah. Mau cicilan ringan, atau DP murah, kamu sendiri yang tentukan.**

Sumber: Bisnis.com

Berita Lainnya

Index