Bisa Buat Tampak Lebih Tua, Berikut Kesalahan Saat Berolahraga

Bisa Buat Tampak Lebih Tua, Berikut  Kesalahan Saat Berolahraga
Ilustrasi-internet

iniriau.com, JAKARTA-Olahraga merupakan salah satu hal yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Melakukan olahraga bisa membantu tubuh menjadi lebih sehat, bugar, dan bahkan bisa lebih muda.

Pentingnya melakukan olahraga ini menjadikannya sebagai sebuah hal yang tidak boleh dilewatkan setiap harinya. Hal ini harus dilakukan secara rutin untuk bisa memperoleh manfaat kesehatannya.

Beberapa orang bahkan menjadikan olahraga sebagai sebuah hal wajib setiap harinya. Hal ini tentu saja menjadikannya tidak ideal terutama ketika dipaksakan.

Walau sesungguhnya menyehatkan, namun melakukan olahraga ini tidak boleh dipaksakan. Sejumlah kesalahan yang dilakukan terkait olahraga ini bukannya membuatnya menyehatkan namun malah bisa membuat kamu tampak lebih tua.

Berbagai kesalahan olahraga bisa kamu lakukan sehingga berdampak kamu jadi lebih tua. Dilansir dari The Healthy, berikut sejumlah hal yang perlu kamu hindari pada saat berolahraga.

Berolahraga Tanpa Henti

Bisa menerapkan jadwal olahraga secara ketat hingga setiap hari tentu merupakan hal luar biasa untuk dilakukan. Walau begitu beristirahat merupakan hal yang harus dilakukan terutama ketika usia bertambah,

"Olahraga intens dalam waktu lama dan kurang tidur bisa melepaskan dan meningkatkan kortisol di dalam darah," terang Jav Asaro, terapis olahraga dan rehabilitasi.

"Hal ini bisa membalik efek dari insulin dan meningkatkan gula darah," sambungnya.

Meningkatnya gula darah pada tubuh ini bisa berujung pada masalah kesehatan yang berupa menurunnya elastisitas kulit dan kerutan kulit. Untuk mencegah jenis inflamasi ini, sebaiknya lakukan istirahat setidaknya satu hari dalam satu minggu.

Melakukan Postur Tubuh yang Tak Tepat

Ketika kamu berolahraga, berjalan, atau duduk, postur tubuh yang baik merupakan hal penting. Postur tubuh yang buruk ini bisa memengaruhi tulang belakang dan membuatnya jadi membungkuk.

Untuk mencegah terjadinya masalah ini, sebaiknya berkonsultasi dengan pelatih olahraga mengenai posturmu. Jika hal ini memang bermasalah, kamu bisa melakukan yoga, pilates, atau balet untuk mempelajari mengenai postur yang tepat.

Postur tubuh yang tepat bisa membantu tubuh terlihat lebih kekar dan jenjang. Hal ini bisa membuat penampilanmu jadi lebih baik.

Tidak Melakukan Olahraga Bertenaga

Untuk membuat tubuh tetap sigap dan tajam seiring bertambahnya usia, terdapat sejumlah hal yang bisa dilakukan. Kamu bisa memasukkan gerakan olahraga bertenaga dalam rutinitasmu.

Olahraga memperkuat kekuatan bisa dilakukan untuk mendapat manfaat ini. Mengangkat beban berat, melakukan lompatan eksplosif, serta melakukan sprints bisa membantu membentuk otot kuat dan bertenaga.

Melakukan olahraga jenis ini bisa sangat membantu dalam mencegah tubuh terlalu cepat menua dan tubuh lebih kekar.

Terlalu Banyak Melakukan Olahraga Kardio

Walau kardio merupakan olahraga luar biasa, namun olahraga kekuatan juga penting dilakukan. Jenis olahraga ini bisa membantu memperkuat otot dan membakar kalori walau tidak berolahraga.

Kurang melakukan angkat beban dan hanya fokus berolahraga kardio bisa berdampak tak optimal dalam kesehatan. Padahal, dengan menjaga mempertahankan otot, kamu bisa tampak lebih muda.

Melakukab berbagai olahraga yang berbeda penting dilakukan untuk memperoleh manfaatnya. 

Tidak Menguatkan Dinding Panggul

Dinding panggul seringkali bukan merupakan hal pertama yang dipikirkan ketika kamu berolahraga. Padahal bagian ini sebenarnya sangat penting.

"Melewatkan otot dinding panggul bisa membuat banyak wanita memiliki perut besar dan bulat di usia paruh baya serta masalah buang air kecil," terang Guy Andrews, MA, CSCS.

Untuk mencegah hal ini, disarankan melakukan tiga set 10 kegel, sehari tiga kali. Hal ini bisa membantu mencegah terjadinya penuaan ini.

Melewatkan High-Intensity Interval Training

Salah satu jenis olahraga yang penting dilakukan namun kerap dilewatkan adalah high-intensity interval training (HIIT). Nyatanya, jenis olahraga ini sangat bermanfaat untuk melawan tanda-tanda penuaan.

Penelitian mengungkap bahwa pada orang tua yang melakukan HIIT, tubuh mereka lebih berenergi dan lebih aman dari diabetes. Jenis yang bisa dilakukan ini bisa sangat mudah baik berupa bersepeda atau berjalan di treadmill.

Sangat penting untuk melakukan berbagai jenis olahraga yang berbeda. Pasalnya, jenis olahraga yang berbeda memiliki manfaat yang juga berbeda.

Bersantai

Bersantai dan menenangkan diri juga merupakan salah satu hal yang penting ketika berolahraga. Seperti telah diungkap sebelumnya, istirahat merupakan salah satu tahapan penting dalam berolahraga.

Menjaga tampilan usia muda dengan aktivitas menenangkan seperti yoga atau bela diri. Hal ini bisa kamu jadikan aktivitas sehari-hari agar bisa tampak lebih muda.

Berolahraga merupakan yang penting untuk dilakukan secara rutin, walau begitu pastikan untuk tidak melakukannya secara berlebihan. Melakukannya secara berlebihan bisa menimbulkan berbagai dampak buruk tersebut.**

Sumber: merdeka.com

Berita Lainnya

Index