Ini 5 Cara Perbaiki Hubungan Pasca Pasangan Ketahuan Selingkuh

Ini 5 Cara Perbaiki Hubungan Pasca Pasangan Ketahuan Selingkuh
Ilustrasi-internet

iniriau.com, JAKARTA-Beberapa pekan terakhir ini drama webseries Layangan Putus menjadi pembahasan di berbagai media sosial. Serial web yang dibintangi Reza Rahadian, Putri Marino, dan Anya Geraldine tersebut sukses menyedot emosi penonton hingga mengangkat pembahasan soal pernikahan hingga perselingkuhan.

Melansir Mayoc Cinic, perselingkuhan bukanlah situasi tunggal yang didefinisikan dengan jelas — dan apa yang dianggap perselingkuhan bervariasi di antara pasangan dan bahkan di antara pasangan dalam suatu hubungan.

Namun, ketika kedua pasangan berkomitmen untuk memperbaiki pernikahan mereka, hubungan itu akan menjadi lebih kuat dengan tingkat keintiman yang lebih dalam.

"Itu bisa menjadi salah satu katalis yang lebih penting untuk pertumbuhan dalam hubungan pasangan yang ada di luar sana," kata spesialis hubungan dan pembawa acara With Evine After Dark Jen Elmquist, dikutip dari NBC News, Jumat (31/12/2021).

Berikut adalah beberapa tindakan penting untuk dilakukan bersama yang dapat membantu memperbaiki hubungan Anda

Pastikan adanya penyesalan

Pihak yang selingkuh menyesal dan ingin memperbaiki hubungan yang hancur karena perselingkuhan.

"Jadi, jika Anda yang selingkuh, Anda benar-benar harus merasa sangat menyesal," kata Elmquist.

Harus ada rasa penyesalan yang mendalam atas apa yang terjadi agar Anda dapat ingat kesalahan tersebut dan tidak mengulanginya lagi.

Jujur

Ini adalah langkah tersulit dan sebagian besar akan menentukan apakah Anda berdua dapat maju atau tidak. 

Kebutuhan mendasar yang tidak terpenuhi dalam hubungan, komunikasi yang buruk, kesulitan keterikatan, dan peran gender kuno, semuanya dapat menjadi dorongan untuk perselingkuhan.

Namun jika orang yang berselingkuh tidak mau berterus terang tentang mengapa hal itu terjadi akan memperbaiki keadaan

"Satu-satunya cara untuk membangun kembali kepercayaan adalah menjadi jelas mengapa hal itu terjadi sehingga ketika dihadapkan dengan situasi yang sama di masa depan, pilihan yang berbeda akan dibuat," kata pelatih pernikahan dan penulis Lesli Doares. 

Putus Hubungan dengan Selingkuhan

Mengambil langkah-langkah ntuk memutuskan kontak dengan selingkuhan dan menetapkan batasan sangat penting untuk proses mengembalikan hubungan dengan  pasangan Anda.

"Menghapus informasi kontak, memblokir nomor, dan menghapus kontak media sosial akan menjadi penting," kata Dr. Brandon Santan, terapis pernikahan dan hubungan berlisensi yang berpraktik di Tennessee.

Hal ini akan menghapus godaan dan juga kesempatan bagi Anda atau pasangan untuk berselingkuh kembali. Sekaligus menjadi pelajaran untuk mencegah hal sama terjadi kembali dengan orang yang berbeda.

Tunjukkan Kejujuran

Perselingkuhan itu merusak karena banyak alasan, tetapi satu faktor besar yang perlu ditangani untuk melewatinya adalah kurangnya kejujuran.

"Kebohongan adalah bagian besar dari pengkhianatan," kata Doares. Itulah sebabnya dia mendorong orang yang berselingkuh untuk jujur ​​secara brutal tentang semua detail perselingkuhan untuk bergerak maju — bukan hanya yang akan menyakiti pasangannya.

Tingkat transparansi ini perlu berlanjut selama diperlukan untuk membangun kembali kepercayaan itu

Menemui terapi berlisensi

Jika percakapan yang Anda lakukan dengan pasangan Anda tidak berhasil, pertimbangkan untuk menemui terapis berlisensi yang dapat membantu memandu prosesnya.

"Kemampuan terapis untuk menjadi pihak yang netral dalam percakapan membantu mengidentifikasi kebutuhan dasar yang tidak terpenuhi yang dapat dikenali dan diproses dalam hubungan pasangan," Terapis pernikahan dan keluarga Amanda D. Mahoney menjelaskan.

Selama tahap terapi ini, pasangan sering kali memiliki kemampuan untuk mencari pengertian, menemukan kasih sayang, memiliki potensi yang lebih besar untuk memecahkan masalah dan bergerak maju.**

Sumber: liputan6.com

Berita Lainnya

Index