Ayoo di Cek, Penyebab Air Keran Tidak Mengalir Lancar

Ayoo di Cek, Penyebab Air Keran Tidak Mengalir Lancar
ilustrasi

Iniriau.com - Saluran air yang mengalir lancar merupakan salah satu kebutuhan penting yang harus selalu tersedia di dalam rumah. Saat air keran mulai menampakkan gejala tidak mengalir lancar atau malah mati, pasti kegiatan sehari-hari terganggu. Mulai dari memasak, mencuci, hingga mandi. Pernah mengalami hal tersebut?

Sebenarnya, ada beberapa penyebab utama mengapa air keran nggak bisa mengalir dengan lancar. Cari tahu di sini, yuk!

Masalah Pada Pompa Air
Pompa air yang sudah tua bisa jadi menjadi penyebab berkurangnya pasokan air ke rumah. Kekuatan yang berkurang mesin kurang maksimal dalam mengangkat air. Coba dengarkan suara mesin, bila ada keanehan, seperti terlalu ringan dan halus, kemungkinan ada masalah pada pompa tersebut.

Pipa Air Tersumbat
Mengambil air tanah berarti juga menyedot pasir dan kotoran yang bisa menumpuk pada bagian-bagian pipa. Selain itu, beberapa jenis pipa dalam jangka waktu lama juga bisa menimbulkan kerak yang juga menyumbat jalannya air.

Kebocoran pada Pipa
Pipa air yang terbuat dari besi sangat rentan mengalami kebocoran. Bertahun-tahun teraliri air, besi akan mengalami korosi, yang akhirnya menimbulkan kebocoran pada bagian-bagian tertentu, serta mengakibatkan kurang derasnya aliran air di rumah. Bukan cuma pipa besi, pipa PVC pun juga rawan terhadap kebocoran bila terbuat dari bahan-bahan yang tidak terjamin kualitasnya.

Untuk pilihan terbaik saluran perpipaan di rumah, gunakan Rucika Standard. Terbuat dari bahan uPVC (unPlastized Polyvinyl Chloride), Rucika Standard memiliki banyak kelebihan dibandingkan material polimer lainnya. Mulai dari Calcium Zinc (Tanpa Timbal), tahan terhadap korosi, kuat, ringan, mudah dalam penyambungan dan pemeliharaan. Selain itu Rucika Standard juga dibuat dengan standar JIS dan ISO dengan sertifikasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2000.

Kelebihan lainnya adalah harga pipa Rucika Standard yang ekonomis dan pas untuk keluarga Indonesia. Selain itu, toko yang jual pipa PVC ini juga ada di berbagai pelosok Nusantara sehingga mudah untuk dimiliki.

Jangan biarkan hati kesal karena air keran tidak mengalir lancar. Sejak awal, pilih Rucika Standard untuk sistem perpipaan terbaik di rumah. [IRC/merdeka.com]

Berita Lainnya

Index