Peresmian Tol Pejagan-Pemalang Dilaksanakan Hari ini Oleh Presiden Joko Widodo

Peresmian Tol Pejagan-Pemalang Dilaksanakan Hari ini Oleh Presiden Joko Widodo
Tol Pejagan-Pemalang

Iniriau.com - Dua seksi terakhir Tol Pejagan-Pemalang akan diresmikan pada hari ini, Jumat (9/11/2018). Dengan peresmian ini, tol sepanjang 57,5 kilometer tersebut dapat beroperasi sepenuhnya.

"Rencananya (peresmian) jam 10.30 WIB oleh Presiden Joko Widodo," ungkap Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Endra S Atmawidjaja, Jumat pagi.

Kehadiran jalan tol ini diyakini akan semakin mempercepat mobilitas masyarakat serta arus barang dan jasa yang hendak menuju wilayah tengah dan timur Pulau Jawa. Pasalnya, masyarakat dapat mengakses jalan tol sepenuhnya mulai dari Jakarta hingga Pemalang sepanjang 306,5 kilometer tanpa perlu ke luar jalan arteri atau Jalur Pantura.

"Dengan beroperasinya tol ini, Jakarta-Pemalang cukup empat jam. Dengan rata-rata kecepatan 70 km per jam dengan catatan kondisi lancar," kata Endra. 

Adapun ruas yang hendak diresmikan Presiden yaitu Seksi 3 dan 4 mulai dari Brebes Timur hingga Sewaka di Pemalang sepanjang 37,3 kilometer. Sementara itu, dua seksi pertama, yaitu Seksi 1 dan 2 Pejagan-Brebes Timur sepanjang 20,2 kilometer, telah beroperasi sejak Juni 2016.

Jalan tol yang dibangun dengan anggaran Rp 7,62 triliun ini akan dioperasikan oleh PT Pejagan Pemalang Toll Road, anak usaha PT Waskita Toll Road. (irc/kompas)

Berita Lainnya

Index