Rektor UIR Kukuhkan 1.225 Wisudawan dan Wisudawati, Dua Bergelar Doktor

Rektor UIR Kukuhkan 1.225 Wisudawan dan Wisudawati, Dua Bergelar Doktor
Rektor UIR Prof. Dr. H. Syafrinaldi, S.H., M.C.L mengucapkan selamat pada salah seorang wisudawan (foto: istimewa)

iniriau.com, PEKANBARU - Universitas Islam Riau (UIR) menggelar prosesi wisuda gelombang II Tahun Ajaran 2023/2024 di Gelanggang Olahraga Volly Indoor Kampus UIR pada Selasa (25/06/2024).  Rektor UIR Prof. Dr. H. Syafrinaldi, S.H., M.C.L mengatakan wisuda kali ini diikuti oleh 1.225 wisudawan/ti dengab 1.083 wisudawan Srata 1 (S1), 140 wisudawan Strata 2 (S2) dan 2 wisudawan Srata 3 (S3).

"Dengan dikukuhkannya para wisudawan/ti sebanyak 1.225 maka menambah jumlah alumni yang telah menamatkan pendidikan di UIR sebanyak 77.280 alumni," ungkap Rektor.

Besarnya kontribusi UIR dalam mencetak lulusan berkualitas dan berdaya saing tidak lepas dari peran sivitas serta mutu akademis kampus yang selaras dengan akreditasi terbaik. Kini UIR telah memiliki 45 program studi (prodi) baik program sarjana hingga jenjang doktoral dengan berbagai rumpun ilmu.

"Kini UIR memiliki 45 prodi, sebanyak 6 prodi terakreditasi Unggul, 3 prodi terakreditasi A, 9 prodi terakreditasi Baik Sekali, 15 prodi terdata Baik Sekali, 9 Baik serta 3 prodi SK Izin Operasional dari Kemendikbudristek capaian ini menunjukkan bukti nyata UIR terus tingkatkan mutu akademis," ujarnya.

Persebaran mahasiswa yang mengeyam pendidikan di UIR tidak hanya dari Indonesia. Sebanyak 40 orang mahasiswa internasional memilih UIR sebagai kampus tujuan pada TA 2023/2023 yang tersebar dari Jerman, Nigeria, Uganda, Libya, Malaysia, Kamboja dan Thailand.

Rektor pun menjabarkan prestasi yang UIR raih, dua kali berturut - turut mendapatkan Anugerah Kerjasama Internasional, Anugerah Implementasi MBKM, Akreditasi Unggul, dan Hibah Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat di tingkat LLDIKTI wilayah X hingga Kemendikbud Ristekdikti RI.

"Bukti nyata kontribusi UIR dalam berikan kualitas pengajaran yang terbaik, terbukti kini miliki 555 dosen yang didominasi oleh lulusan doktoral dalam dan luar negeri sekaligus yang terbanyak di wilayah LLDIKTI X dan XIV," tambahnya.

Selanjutnya, sebagai penutup Prof Syafrinaldi mengucapkan selamat sukses kepada para lulusan. Terimakasih pun di ucapkan kepada para orang tua maupun wali wisudawan/ti.

"Pada hari ini kami serahkan kembali putera dan puteri Bapak dan Ibu, Semoga kita semua senantiasa menjadi hamba Allah yang pandai bersyukur atas segala nikmat yang kita terima dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa. Selamat kepada para pamuncak wisudawan dan wisudawati atas prestasinya yang hebat dan gemilang. Semoga kesuksesan senantiasa mengiringi gerak langkah anda semuanya yang diwisuda pada hari ini," harapnya.

Lebih lanjut, hadir dalam prosesi wisuda UIR Ketua Umum YLPI Riau Prof. Dr. H. Nurman, M.Si., Kepala Bagian Umum LLDIKTI X Rahmi, S.E., M.Si., Ketua IKA UIR M. Sahril Topan, S.T., beserta segenap pimpinan dan sivitad akademika UIR yang hadir.(hms)

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index