Pj Gubri Janji Bangun Jalan Dua Jalur di Simpang Buatan-Teluk Masjid

Pj Gubri Janji Bangun Jalan Dua Jalur di Simpang Buatan-Teluk Masjid
Pj Gubri SF Hariyanto saat kunker ke Jalan Simpang Buatan - Simpang Teluk Mesjid Rabu 26 Juni 2024 (foto: istimewa)

iniriau.com, SIAK - Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri) SF Hariyanto kembali membuat gebrakan dalam hal pembangunan infrastruktur. Kali ini jalan lintas Pekanbaru - Siak tepatnya di ruas Jalan Simpang Buatan – Simpang Teluk Mesjid Desa Dayun Kabupaten Siak akan dijadikan dua jalur.

Jalan ini nantinya bakal disulap seperti highway, Jalan Lintas Pekanbaru - Bangkinang. Di ruas Jalan Simpang Buatan - Simpang Teluk Mesjid ini nantinya akan diperlebar menjadi 21 meter. Sementara panjangnya mencapai 77 kilo meter (KM).

“Sudah lama kami merencanakan peninjauan ini, namun terkendala waktu. Rencananya akan dibuat jadi dua jalur dengan lebar sekitar 21 meter," kata Pj Gubri, Rabu (26/6/24).

Saat ini jalan penghubung Kabupaten Siak dengan ibu kota provinsi tersebut masih berstatus milik nasional. Namun menurut Pj Gubri, rencana pembangunan jalan nasional menggunakan APBD Provinsi Riau tersebut bisa dilakukan.

Pj Gubri menargetkan rencana pembangunan Jalan Simpang Buatan - Simpang Teluk Mesjid ini diharapkan sudah bisa direalisasikan pada 2025.

“Kuncinya kita minta izin ke pemerintah pusat. Lagi pula, pemanfaatan jalan juga akan dinikmati oleh masyarakat. Kuncinya kita minta izin ke pusat. Pola seperti ini juga sudah kami lakukan di beberapa ruas jalan nasional lainnya,” jelasnya.

Dia menambahkan, pelebaran ruas jalan tersebut menjadi dua jalur sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Selain itu, upaya ini merupakan langkah Pemprov Riau sebagai akses penunjang infrastruktur dengan hadirnya Jembatan Bukit Batu ke Pulau Bengkalis.

“Insya Allah, tahun 2025 sudah mulai dikerjakan. Namun dalam pelaksanaannya mungkin akan dilakukan secara bertahap, namun akan tetap diupayakan semaksimal mungkin,” tuturnya.**

#Pemprov Riau

Index

Berita Lainnya

Index