Lomba Senam Kreasi Perwosi dan Gembira Riau 2024 Menuju Tingkat Nasional

Lomba Senam Kreasi Perwosi dan Gembira Riau 2024 Menuju Tingkat Nasional
Turut hadir di acara lomba senam ini, Ketua TP PKK Riau Adrias SF Hariyanto, Ketua DWP Riau Vera Lustiana Indra, Ketua TP PKK Pekanbaru Aemi Risnandar, Waka IV KONI Riau M Yunus dan Ketua DP Bhayangkari, Minggu (30/6) - foto: istimewa

Iniriau.com, Pekanbaru - Pengprov Perwosi Riau bekerja sama dengan TP PKK Riau, PD Bhayangkari Riau, BKOW Riau dan DWP Riau menggelar Lomba Senam Kreasi Perwosi dan Senam Gembira Riau 2024, Minggu (30/6).

Lomba senam ini dibuka secara resmi oleh Ketua TP PKK Provinsi Riau Adrias SF Harianto selaku Pelindung Pengprov Perwosi Riau.

Lomba Senam Kreasi Perwosi Riau ini adalah seleksi untuk mengikuti Lomba Senam Kreasi Perwosi Nasional, memperebutkan Piala Ibu Negara (PIN) Iriana Jokowi. Sedangkan Lomba Senam Gembira Riau  kompetisi bertujuan untuk mempertahankan budaya dan musik  Melayu Riau melalui olahraga.

"Alhamdulillah, saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak dan sponsor yang telah memberikan support nya hingga terlaksananya kegiatan kita hari ini. Lomba Senam Kreasi Perwosi dan Senam Gembira Riau ini adalah untuk seleksi mengikuti kompetisi senam memperebutkan Piala Ibu Negara Iriana Jokowi," ujar Ketua Pengprov Perwosi Riau Novilia, saat memberikan laporan dalam sambutan pada acara pembukaan Lomba Senam Kreasi Perwosi Riau dan Lomba Senam Gembira Riau 2024, di hotel Alpha Pekanbaru.

Novilia juga menegaskan bahwa selain meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan melalui olahraga juga kita jangan lupa memperkenalkan budaya Melayu Riau sampai ke tingkat nasional.

Hal ini sesuai dengan himbauan Ketua PP Perwosi Tri Tito Karnavian, agar setiap Pengprov Perwosi daerah selalu memperkenalkan budaya daerahnya. Oleh karena itu juga, selama periode kepemimpinannya di Perwosi Riau, Novilia selalu memperkenalkan budaya Melayu Riau di tingkat nasional dengan peserta mengkombinasi pakaian olahraga dengan pakaian adat dari Riau.

"Kita disini tidak hanya sekedar olahraga senam saja, tapi nantinya juga bisa memperkenalkan budaya Melayu Riau di tingkat nasional. Seperti senam poco-poco dan mamere yang sudah banyak digunakan sebagai musik senam di berbagai daerah. Kita juga inginnya nanti seperti itu," tukas Novilia menjelaskan lebih lanjut pada laporan dalam kata sambutan.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Riau Adrias SF Hariyanto menuturkan, kegiatan lomba senam ini adalah momentum untuk meningkatkan kesehatan dan kreatifitas perempuan.

"Kegiatan kita ini adalah salah satu kontribusi kita berjuang untuk Indonesia yaitu, menciptakan generasi Indonesia yang sehat dan kreatif. Kita mengolahragakan masyarakat, khususnya perempuan, yang pembinaannya dilaksanakan secara berkelanjutan. Untuk peserta, jaga sportifitas  dan berikan yang terbaik," ujar Adrias yang juga Ketua BKOW Provinsi Riau itu.

Sementara itu, Ketua Panitia Lomba Senam Kreasi Perwosi dan Lomba Senam Gembira Riau 2024 Sri Wachjuni, bersyukur semua kegiatan lomba senam tersebut berlangsung lancar.

"Alhamdulillah, kegiatan kita hari ini berjalan baik hingga selesai, peserta lomba sangat antusias, gembira, penuh semangat dan penuh kreatifitas. Mudah-mudahan, sesuai dengan harapan kita bersama Perwosi Riau sukses mengikuti Lomba Senam Kreasi PERWOSI tingkat nasional mendatang," tutup Sri Wachjuni mengakhiri wawancara.

Dari meja panitia terdata sebanyak delapan grup Senam Kreasi reasi Perwosi dan 17 grup Senam Gembira Riau. Mereka berasal dari 12 kabupaten dan kota di Riau.

Hasil Lomba Senam Kreasi PERWOSI :

Juara I   : Pekanbaru 1
Juara II  : Polwan Polda Riau, 
Juara III : DWP Provinsi Riau.

Harapan I   :  Pekanbaru II, 
Harapan II  :  Indragiri Hulu I Air Molek 
Harapan III : Indragiri Hulu II

Sementara itu, pemenang Lomba Senam Gembira Riau 2024 yaitu:

Juara I   : Pekanbaru 2
Juara II  : Porpi Kuantan Singingi 
Juara III : DWP Indragiri Hilir

Harapan I   :  PKK Kota Pekanbaru 
Harapan II  :  DWP Provinsi Riau 
Harapan III :  PD Bhayangkari Riau

Kategori A :
Kostum Group Terbaik : Pekanbaru 1
Perorangan Terbaik : Inhu 2 / Bintang
Perorangan Terbaik : DWP Prov Riau / Nikky

Kategori B:
Kostum Group Terbaik : DWP Prov Riau
Group Terheboh 1 : DWP Kab Kampar
Group Terheboh 2 : Perwosi Kota Dumai

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index