Pendaftaran Bacalon Ketua PWI Bengkalis Dibuka, Ini Syaratnya

Pendaftaran Bacalon Ketua PWI Bengkalis Dibuka,  Ini Syaratnya
Suasana rapat persiapan Konferkab PWI IV Kabupaten Bengkalis (foto: istimewa)

iniriau.com, BENGKALIS - Panitia pelaksana (Panpel) Konferensi Kabupaten (Konferkab) VI Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bengkalis membuka pendaftaran bakal calon ketua periode 2024-2027.  Pendaftaran bakal calon dibuka pada 20-25 Juni 2024 .

Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Konferkab VI Agustiawan mengatakan, bakal calon ketua dapat langsung mengambil dan mengembalikan formulir pendaftaran langsung ke Sekretariat PWI Jalan Hasanuddin, Bengkalis.

"Mekanisme pendaftaran ini merupakan tahapan yang ditetapkan PWI. Bagi bakal calon yang berminat silahkan mendaftarkan diri," ucapnya kepada sejumlah wartawan, pada Selasa (18/6/2024).

Menurut Sekretaris PWI Kabupaten Bengkalis ini, sesuai pasal 26 ayat (2) Peraturan Dasar (PD) PWI Tentang syarat bakal calon diwajibkan mengisi formulir pendaftaran, melampirkan fotocopy kartu PWI biru atau KTA berstatus Biasa yang masih aktif dan melampirkan photo copy uji kompetensi wartawan (UKW) atau sertifikat UKW Madya, melampirkan foto copy kartu tanda penduduk (KTP) dan melampirkan pas photo ukuran 4x6 (warna) dua lembar.

Selain itu, akal calon diwajibkan, membuat surat pernyataan tidak sebagai ASN, PNS (Kecuali pegawai RRI, TVRI dan LKBN Antara), tidak pengurus partai politik, tidak menjadi anggota organisasi sejenis,  tidak sedang menjadi caleg.

Selanjutnya, surat pernyataan bermaterai dari perusahaan pers bahwa benar masih berprofesi sebagai wartawan dan bukti pernah menjadi pengurus PWI Kabupaten atau pengurus provinsi.

"Syarat-syarat ini ketentuan peraturan dasar PWI sebagaimana petunjuk PWI Provinsi Riau," kata Agus lagi.

Agus mengatakan, Panpel menerima pendaftaran bakal calon di Sekretariat PWI dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB.

"Berkas bakal calon ini akan kita serahkan ke PWI Provinsi Riau untuk proses penetapan sebagai calon. Itu (penetapan calon) kewenangan PWI Riau," jelasnya.

Sementara itu, melalui rapat panitia pelaksana menatap pelaksanaan Konferkab pada 22-23 Juli 2024 mendatang. Persiapan ke arah itu terus dilakukan. Panitia berharap Konferensi PWI IV ini  mendapat dukungan dari semua pihak khusus Pemerintah Kabupaten Bengkalis yang selama ini selalu mensupport penuh kegiatan -kegiatan PWI.**

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index