KPU Riau Siap Gelar PSU di 4 Kabupaten Kota

KPU Riau Siap Gelar PSU di 4 Kabupaten Kota
Ilustrasi -net

iniriau.com, PEKANBARU - Empat kabupaten dan kota di Riau dalam waktu dekat akan melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU). Untuk itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau memastikan pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) di 4 kabupaten dan kota tersebut tidak ada kendala.

Bahkan Ketua KPU Riau Rusidi Rusdan yang mengatakan untuk persiapan PSU baik itu logistik telah selesai dipersiapkan. Untuk logistik sudah siap 100 persen.

" Saat ini tinggal menunggu diturunkan ke TPS. Kita menggunakan logistik cadangan Pemilu 2024, dan kekurangannya dipenuhi melalui pengadaan oleh KPU Provinsi Riau,"katanya Kamis (27/6/ 2024).
 

Dijelaskannya, penyelenggara PSU ada 2 (dua) kategori, pertama, Kabupaten Indragiri Hulu dan Kepulauan Meranti. Pelaksanaan PSU dengan  pengambil alihan tugas dan wewenang badan adhoc oleh Ketua dan Anggota KPU Kabupaten/Kota beserta Sekretariat.

Kedua, untuk Kota Dumai dan Kabupaten Rokan Hulu. Dimana dilakukan perekrutan badan Adhock dan sudah dilakukan pelantikan.

Sesuai Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 768 Tahun 2024, PSU di Kabupaten Indragiri Hulu, Kepulauan Meranti dan Kota Dumai dilaksanakan pada tanggal 29 Juni 2024, sedangkan PSU di Kabupaten Rokan Hulu dilaksanakan pada tanggal 13 Juli 2024.
 

“Untuk PSU di Kabupaten Rokan Hulu, sesuai rekomendasi Mahkamah Konstitusi, telah dilakukan pemutakhiran Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024. Terdapat Data Pemilih Sinkron dengan DP4 sebanyak 5.385 dan Data Pemilih Tidak Terdapat Dalam DP4 sebanyak 2.077. 
 

Terhadap Data Pemilih Sinkron dengan DP4 sebanyak 5.385 diturunkan ke Pantarlih Pilkada untuk dijadikan prioritas Coklit, dan Data Pemilih Tidak terdapat dalam DP4 sebanyak 2.077 dilakukan pengecekan ulang NIK melalui CekNIK Kemendagri,"tutur Rusidi.
 

Ditambahkan Rusidi sesuai Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 768 Tahun 2024, PSU di Kabupaten Indragiri Hulu, Kepulauan Meranti dan Kota Dumai dilaksanakan pada tanggal 29 Juni 2024, sedangkan PSU di Kabupaten Rokan Hulu dilaksanakan pada tanggal 13 Juli 2024.**

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index