Distankan Pekanbaru Sediakan Layanan Vaksinasi Hewan Gratis

Distankan Pekanbaru Sediakan Layanan Vaksinasi Hewan Gratis
Ilustrasi vaksinasi hewan (foto:net)

iniriau.com, PEKANBARU - Untuk mengantisipasi penyebaran penyakit rabies pada hewan peliharaan, terutama kucing, anjing Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru Pekanbaru menyediakan layanan vaksinasi secara gratis. Layanan vaksin rabies bisa didapatkan melalui Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) atau langsung datang ke Kantor Distankan.

"Kami selalu membuka layanan pengobatan dan vaksin rabies. Sehingga masyarakat bisa mendapatkan layanan ini secara gratis," kata Kepala Distankan Pekanbaru Muhammad Firdaus, Minggu 30 Juni 2024.

Untuk itu Firdaus mengimbau masyarakat agar membawa hewan peliharaan untuk suntik vaksin. 

Masyarakat bisa membentuk kelompok agar, Distankan dapat memberi vaksin ke hewan peliharaan sekaligus. Hewan peliharaan yang bisa mendapatkan vaksinasi rabies yakni kucing, anjing dan kera.

"Kita mengimbau kepada warga yang memiliki hewan peliharaan anjing, kucing dan kera, agar dapat membawanya suntik vaksin," terangnya.

Rabies merupakan infeksi virus yang menyerang otak dan sistem saraf manusia. Virus rabies yang bernama Lyssavirus menular ke manusia melalui gigitan hewan, seperti kucing, anjing, monyet dan lainnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, vaksinasi rabies tersebut dilakukan dalam rangka mencegah penyebaran rabies pada hewan dan bahkan manusia. Apalagi sudah ada kasus hewan peliharaan menggigit manusia di Pekanbaru.**

 

#Pekanbaru

Index

Berita Lainnya

Index