Tahun Ajaran Baru, TAF Minta Disdik Pekanbaru Awasi Sekolah Swasta

Tahun Ajaran Baru, TAF Minta Disdik Pekanbaru Awasi Sekolah Swasta
Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri

Iniriau.com, PEKANBARU - Menjelang Tahun Ajaran baru sekolah dimulai, Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri mengingatkan Dinas Pendidikan Pekanbaru untuk mengawasi sekolah swasta yang beroperasi di Pekanbaru. Dimana, pemerataan pendidikan antara sekolah swasta dan negeri harus memenuhi standar yang ditetapkan pemerintah yakni Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) RI.

Sekolah adalah lembaga pendidikan yang melakukan kegiatan belajar-mengajar dan bertujuan untuk mengedukasi para siswa dalam pengawasan guru. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis sekolah, yaitu PAUD, TK, SD, SMP, MTs, SMA, SMK, MA, dan MAK.

Sebutan sekolah swasta dan negeri sudah tidak asing lagi, termasuk di Kota Pekanbaru. Banyak orangtua yang ingin anaknya masuk ke sekolah negeri, meski jumlahnya sangat terbatas.

Wakil Ketua DPRD Pekanbaru, Tengku Azwendi Fajri menyebutkan, pemerataan pendidikan merupakan salah satu bentuk pembangunan yang tertuang dalam SDG's atau Tingkat Pembangunan Berkelanjutan (TPB). Dinas Pendidikan Pekanbaru diminta untuk mengawasi sekolah swasta, terutama dari segi biaya dan kurikukum yang digunakan.

"Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru diminta untuk mengawasi sekolah swasta, terutama dari segi biaya pendidikan dan kurikulum. Jangan sampai, nanti ketika pemerintah membangun sekolah negeri di kecamatan maka sekolah swasta akan mati alias gulung tikar. Tolong lakukan evaluasi terhadap seluruh sekolah swasta, agar ada standardisasi yang ditetapkan oleh pemerintah. Disdik silahkan gunakan kewenangannya, lakukan pemerataan antara sekolah negeri dan swasta. Jadi Kepala Dinas Pendidikan itu tidak mudah loh, karena lebih banyak jumlah masyarakat miskin ketimbang masyarakat mampu di Pekanbaru," Ungkap Azwendi kepada Iniriau.com, Senin (01/07).

Berdasarkan data Disdik Pekanbaru, terdapat sebanyak 177 SD Negeri, 47 SMP Negeri, 17 SMA Negeri dan 11 SMK Negeri di Kota Pekanbaru. Sedangkan untuk sekolah swasta, jumlahnya mencapai angka dua ribuan lebih mulai dari tingkat SD hingga SMA sederajat yang tersebar di 12 Kecamatan se Pekanbaru. **

#Pekanbaru

Index

Berita Lainnya

Index